PENDAMPINGAN PENDESAINAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING BAGI GURU-GURU MATEMATIKA KOTA LUBUKLINGGAU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, D., & Mumpuniarti, M. (2018). Perangkat pembelajaran berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif di sekolah dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 132–140. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/23632
Boleng, D. T., Lumowa, S. V. T., & Palenewen, E. (2018). Assessing Students’ Ethnicities and Critical Thinking Skill to Develop PBL Based-Biology Learning Tools. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(1), 79–86. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v10i1.10554
Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2019). The Effectiveness of Problem-Based Learning on Biology Concept Gaining of Senior High School Multiethnic Students in Samarinda, Indonesia. 224(Esic 2018), 94–98. https://doi.org/10.2991/esic-18.2019.22
Boleng, D. T., V.T Lumowa, S., & Palenewen, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Yang Menerapkan Pembelajaran Problem Based Learning Serta pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis Di Kota Samarinda. Universitas Mulawarman. http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4234
Gunawan, G., Harjono, A., & Sahidu, H. (2019). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Madrasah di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 2075–2082.
Haerullah, A., Ahmad, H., & Yusuf, M. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SD/MI dengan Mengintgrasikan Model-Model Pembelajaran Berbasis Multietnis. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 87–97.
Haryani, S., Prasetya, A. T., & Wardani, S. (2011). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru-Guru Kimia dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Kegiatan MGMP. ABDIMAS, 15(2), 93–99.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278–285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 82–94. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2033
Ramlawati, Yunus, S. R., & Insani, A. (2017). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Sainsmat, 6(1), 1–14. http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/download/6451/3684
Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. (2011). Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Tekno-Pedagogi, 1(2), 1–14.
Sulindawati, N. L. G. E. (2018). Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(1), 51–60. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363
Taufik, A., & Aini, N. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Strategi Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. El Midad : Jurnal PGMI, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1902
Van Der Heijden, H. R. M. A., Geldens, J. J. M., Beijaard, D., & Popeijus, H. L. (2015). Characteristics of teachers as change agents, Teachers and Teaching: theory and practice. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 21(6), 681–699. https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1044328
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1512-1523
Refbacks
- There are currently no refbacks.