SOSIALISASI PEMBUATAN MAKANAN RINGAN BERBAHAN DASAR KULIT LUMPIA DI SMP NEGERI 2 SUMBERJO

Noni Pratiwi, Zulkifli Musannip Efendi Siregar, Fadzil Hanafi Asnora

Abstract


Industri kuliner di Indonesia kini telah berkembang menjadi industri kreatif dalam mengelola makanan. Makanan ringan atau camilan adalah makanan yang dikonsumsi sebelum makan utama, yang bertujuan untuk menunda rasa lapar dengan waktu yang sementara. Kulit lumpia merupakan lembaran tipis yang terbuat dari tepung terigu, garam dan telur yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Makanan ringan yang terbuat dari kulit lumpia salah satunya adalah “Keju Aroma”. Keju aroma adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari kulit lumpia, keju cheddar dan gula. Generasi muda memegang peranan penting di bidang kewirausaan, karena mereka adalah sumber daya yang produktif dengan ide-ide kreatif dan dapat membuka suatu bisnis. PKM ini bertujuan untuk mengajarkan cara membuat camilan dari kulit lumpia kepada siswa/i kelas IX-1 SMP N 2 Na. IX-X, sehingga mereka dapat mempraktekan dirumah dan memiliki niat untuk memasarkannya karena produk ini memiliki nilai jual. Metode pendekatan dalam sosialisasi ini adalah demonstrasi yaitu melalui presentasi dan demo pembuatan makanan ringan dari kulit lumpia. Sosialisasi berjalan dengan baik, seluruh siswa/i sangat bersemangat mengikuti kegiatan PKM ini.

Kata Kunci : Camilan, Kulit lumpia, Keju aroma


Full Text:

PDF

References


Afriani, D. (2019). Implementasi Quality Function Deployment dalam Pengembangan Produk Keju Cheddar Olahan (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.

Fiyani, A. (2019). Dinamika Perkembangan Industri Kuliner Lumpia Semarang Tahun 1998-2017 (Doctoral dissertation, UNNES).

Godam. 2017 “Isi Kandungan Gizi Lumpia-Komposisi Nutrisi Bahan Makanan”, https://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-lumpia-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1#.YewUglOySPU.

Gunawan, B. Skripsi Studi Pengaruh Formulasi Dan Perlakuan Proses Terhadap Tekstur Snack Makaroni Kerang Dari Mokaf. Oleh Yusi Stephani Surya F.

Rahmawati, Dina. 2019 “Manfaat Keju yang Lezat, Sehat, dan Bernutrisi”, https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-keju-yang-lzat-dan-menyehatkan.

R. Caesarra Nur. (2017). “Kulit Lumpia”, http://www.kerjanya.net/faq/18502-kulit-lumpia.html.

Wahab, A. A. (2018). Pengaruh Variasi Ketebalan Dan Penambahan Coklat Terhadap Sifat Fisik, Kimia Dan Tingkat Kesukaan Jenis Growol (Original dan Manis) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Wardatul, Silvia. 2021 “Resep Keju Aroma ala Lokasaji, Gurih Bikin Nagih”, https://www.okemom.com/silvia/o50k11m/resep-keju-aroma-ala-lokasaji-gurih-bikin-nagih/amp, diakses pada 17 Januari 2022 pukul 14.09.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 1(1), 120-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1500-1505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.