PENGGIATAN AKTIFITAS FISIK PENDERITA DM DAN HIPERTENSI DALAM UPAYA MENSTABILKAN GULA DARAH DAN TEKANAN DARAH DI ERA NEW NORMAL

Widiharti Widiharti, Diah Jerita Eka Sari, Lailatul Arifah, Ahmad Ahiq

Abstract


virus corona dapat menyerang siapa saja dan mengakibatkan gejala atau singkat keseriusan yang berbeda – beda. salah satu kelompok yang beresiko mengalami gejala serius. jika terpapar infeksi virus corona adalah mereka yang memiliki penyakit bawaan tertentu atau komorbid. Dalam Konteks COVID 19 pasien corona dengan komorbid memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi (Dwianto, 2021). Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah Penggiatan Aktifitas Fisik Penderita DM Dan Hipertensi Dalam Upaya Menstabilkan Gula Darah Dan Tekanan Darah Di Era New Normal.

Metode pengabdian masyarakt ini diskriptif, populasinya semua penderita DM dan HT yang ada diwilayah kerja puskesmas ujung pangkah gresik. Sampel pengabidan masyarakat ini penderita DM dan HT yang ada di wilayah kerja puskesmas ujung pangkah Gresik. Motode yang digunakan selama pengabdian masyarakat: 1) pemeriksaan kesehatan penderita DM dan hipertensi 2) senam kesehatan lansia 3) Promosi kesehatan

Hasil pengabdian masyarakat didaptkan riwayat penyakit sekarang penderita DM dan Hipertensi 9 orang. GDP sebagaian besar > 120 sebanyak 19 orang, tekanan darah sebagian besar lebih dari 140/90 mmHg sebanyak 13 orang. Lingkar  perut sebagian besar 90-100 cm sebanyak 15 orang.  Berat badan sebagian besar lebih dari 70 kilogram sebanyak 9 orang. Kebiasaan aktifitas / olah raga sebagian besar rutin setiap hari melakukan olah raga sebanyak 11 penderita.

Kesimpulan sebagain besar penderita DM dan HT di wilayah kerja puskesmas ujung pangkah melakukan aktivitas fisik setiap hari sebanyak 11 orang.


Keywords


aktifitas fisik, DM dan Hipertensi

Full Text:

PDF

References


Azitha, M., Aprilia, D., & Ilhami, Y. R. (2018). Artikel Penelitian Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kadar Glukosa Darah Puasa pada Pasien Diabetes Melitus yang Datang ke Poli Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit M . Djamil Padang. 7(3), 400–404.

Dwianto, A. R. (2021). Sering dikaitkan dengan covid 19, penyakit komorbid itu apa sih? Detik Health. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5324498/sering-dikaitkan-dengan-covid-19-penyakit-komorbid-itu-apa-sih

Hasanudin, Ardiyani, V. M., & Perwiraningtyas, P. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Tekanan darah Pada Masyarakat Penderita Hipertensi di Wilayah Tlohosuryo Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. 3(1), 787–799.

Ilyas, E. (2007). Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu. Balai Penerbit FKUI.

Manutung, A. (2018). Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Wineka Media.

P2PTM Kemenkes RI. (2020). Aktivitas fisik dimasa pandemic COVID 19 bagi orang dengan faktor resiko PTM. Kemenkes RI.

Rachmawati, F. (2020). Hubungan Antara Lingkar Perut dengan Kejadian Hipertensi : Kajian Literature. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiati, S., Alwi, I., Sudoyo, A., Simadibrata, M., Setiyohadi, B., & AF. (2014). Buku Ajar Ilmu Penyakit dalam jilid 2 (A. Syam (ed.); 6th ed.). Interna Publishing.

Tandra, H. (2017). Segala sesuatu yang harus anda ketahui tentang Diabetes. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widiharti, Widiyawati, W., & Fitrianur, W. L. (2020). Faktor Faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Health Science Research, V(II), 61–67. http://www.informaticsjournals.com/index.php/jhsr/article/view/8530/13618




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1774-1778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.