PELATIHAN APLIKASI HAND CRAFT MENGGUNAKAN MODEL SECI (SOCIALIZATION, EXTERNALIZATION, COMBINATION, INTERNALIZATION)

Debby Ummul Hidayah, Masyruri Rizka Maulana, Puji Lestari

Abstract


Pada program pengabdian masyarakat ini, mitra untuk pengabdian masyarakat dilakukan dengan organisasi PCNA Rabak. Berdasarkan observasi dan survei yang telah dilakukan, permasalahan utama mitra adalah dalam kegiatan pelatihan kerajinan tangan untuk mewujudkan program TOT kewirausahaan masih dilakukan secara tradisional yakni hanya dengan mengadakan pelatihan secara langsung dengan waktu yang tidak menentu. Selain itu modul kegiatan pelatihan yang digunakan saat ini masih berbasis teks dalam bentuk kertas hasil fotocopy. Hal tersebut mengakibatkan proses capture knowledge kurang begitu jelas untuk dipahami oleh para peserta pelatihan. Sedangkan untuk infrastruktur teknologi informasi dinilai cukup memadai yakni tiap anggota dari PCNA Desa Rabak sebagian besar telah memiliki handphone berbasis android. Dengan landasan demikian, maka solusi yang dapat diberikan adalah dengan menerapkan metode SECI (socialization, externalization, combination, internalization) yang terangkum dalam kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi hand craft berbasis android sebagai media penunjang dalam proses membuat kerajinan tangan sekaligus dapat mengasah skill maupun keterampilan kerajinan tangan. Di samping itu, penggunaan aplikasi hand craft ini tidak berbatas waktu yang artinya bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan kapanpun dan dimanapun dengan terkoneksi ke jaringan internet. Sehingga apabila para peserta tidak dapat menyelesaikan pembuatan kerajinan tangan di satu waktu, mereka tetap dapat melanjutkannya sendiri di rumah dengan melihat tutorial pada aplikasi hand craft. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para peserta dari PCNA Rabak dapat menggunakan aplikasi hand craft dan menghasilkan output berupa produk kerajinan tangan setelah memahami dan mengikuti tutorial dari aplikasi hand craft.


Keywords


pelatihan; aplikasi hand craft; kerajinan tangan; SECI

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 5(2), 26–33.

Handayani, F. S., & Rosnelly, R. (2021). Perancangan Aplikasi Galeri E-Jurnal Dengan REST API Berbasis Android. InfoSys Journal, 5(2), 161–171.

Khasanah, F. N. (2021). Metode User Centered Design Pada Perancangan Aplikasi Reservasi Service Sepeda Motor Berbasis Android Menggunakan AxureRP. Jurnal Infokam, XVII(1), 1–8.

Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021).

E-Module Application Development Based On Android In Thematic Learning For 3rd Grade Elementary School. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 13–24.

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar. Gerakan Aktif Menulis, 7(2), 44–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i8.2922-2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.