PELAKSANAAN PROGRAM SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI DESA MARGA DAJAN PURI

I Putu Denny Dwipayana, Bella Anggita, I Made Agus Ari Gunawan, Shienda Rizki Novia Raskagia

Abstract


Sampah pun menjadi masalah yang sederhana namun sulit diberantas. Dalam pengelolaan sampah pada Desa Marga Dajan puri tersebut masih kurang memadai dikarenakan kurangnya tempat pembuangan sampah dan bak sampah di setiap sudut desa, sehingga sampah-sampah yang dibuang oleh masyarakat tercampur menjadi satu antara sampah organik dan anorganik. Maka dari itu perlunya dilakukan pemilihan sampah di Desa Marga Dajan Puri? dan resiko apa saja yang timbul dari pengelolaan sampah?. Tujuan dilaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, mampu memberikan solusi kepada masyarakat mengenai permasalahan penumpukan sampah yang ada di Desa tersebut, dengan memberikan pemahaman pemilahan sampah organik dan anorganik. Metode yang digunakan dalam penyusunan program kerja dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah metode observasi. Dengan melakukan observasi wilayah dan observasi kegiatan (aktivitas sehari-hari masyarakat). Adapun hasil dari laporan ini menjabarkan pelaksanaan program sosialisasi pemilihan sampah organik dan anorganik beserta tingkat pemahaman hasil dari evaluasi pemaparan materi pelaksanaan sosialisasi pemilahan sampah organik dan anorganik. Dengan demikian dengan adanya sosialisasi yang telah kami lakukan maka, kami berharap bahwasanya adik – adik yang telah kami beri sosialisasi dapat melanjutkannya kepada teman – temannya, agar dapat memilah dan memisahkan sampah antara sampah organik maupun sampan anorganik.


Keywords


Organik dan anorganik; pemilahan; pengelolaan sampah; sampah; sosialisasi

Full Text:

PDF

References


(Amalana, 2016)Amalana, A. (2016). Sosialisasi BMT An-Nawawi Purworejo terhadap siswa-siswi untuk menggunakan simpanan pendidikan. Hilos Tensados, 1, 1–476.

Kasam, I. (2011). Analisis Resiko Lingkungan pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah (Studi Kasus: TPA Piyungan Bantul). Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.20885/jstl.vol3.iss1.art2

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman pelaksanaan Reduce, Reuse, Recycle melalui Bank Sampah.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., Fauziah, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2020). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10768

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1364-1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.