PENDAMPINGAN PENYUSUNAN SOAL BERKATEGORI HOTS BAGI GURU MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMIN MU’ALLIMAT REMBANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abosalem, Y. 2016. “Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills”. International Journal of Secondary Education 4, No.1: 1-11.
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives: Complete Edition. New York: Longman.
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia: Alexandria.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76.
Khanifah, S. 2012. “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Unnes Journal of Biology Education 1(1): 66–73.
Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, Suyatna, A. 2017. “The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study”. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) 7, No.1: 26-32.
Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keteram-pilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rohim, D., C. 2019. Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika SD. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4(4): 436-446.
Subana, M., Sudrajat, 2011, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia.
Widana, I. W. 2016. “Penulisan Soal HOTS untuk Ujian Sekolah”. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Widoyoko, E.P. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1449-1456
Refbacks
- There are currently no refbacks.