SHARING-SESSION AND CLINIC STRATEGI MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN DOSEN PEMULA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Ma Ver, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: Revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Boston: Addison Wesley Longman, Inc.
Annisa, N., Dwiastuti, S., & Fatmawati, U. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Journal of Biology Education, 5(2), 163–170. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i2.7153
Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2016). Meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). Manper: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263
Azizah, S. N. (2021). Pelatihan penyusunan hibah penelitian agar lolos pendanaan. Journal of Community Service and Empowerment, 2(2), 112–115. Available at http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jcse/article/view/863
Blegur, J., Rajagukguk, C. P. M., & Sjioen, A. E. (2021). Inovasi instrumen kemampuan berpikir analitis untuk aktivitas permainan lempar–tangkap siswa sekolah dasar. Laporan Akhir Penelitian Unggulan Universitas. Kupang: Universitas Kristen Artha Wacana.
Blegur, J., Wasak, M. R. P., & Manu, L. (2017). Penilaian formatif peserta didik atas kompetensi pendidik dalam proses pembelajaran. Satya Widya, 33(2), 117–127. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p117-127
Darmawan, P. (2020). Students’ analytical thinking in solving problems of polygon areas. Kontinu: Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika, 4(1), 17–32. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.17-32
Desti, B., Hadinugrahaningsih, T., & Yusmaniar. (2020). Pengembangan kemampuan berpikir analitis peserta didik melalui model pembelajaran prepare, do, review pada materi indikator asam basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(2), 69–78. https://doi.org/10.21009/JRPK.102.02
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 tahun 2014
tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat: Perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik. Edisi XIII revisi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Murni, Effendy, A., Nurrahma, Faisal, M., & Burhanuddin, A. G. (2021). Pelatihan strategi penulisan proposal penelitian untuk mendapat hibah pendanaan dan tatacara mendaftar Sinta serta googles scholar serta sitasi menggunakan mendeley bagi dosen Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatma. Baktimas: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.32672/btm.v3i1.2947
Nasirun, Yulidesni, Indrawati, & Qalbi. (2020). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru di taman kanak-kanak Al-Jundi Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14039
Perdana, R., Jumadi, & Rosana, D. (2019). Relationship between analytical thinking skill and scientific argumentation using PBL with interactive CK 12 simulation. International Journal on Social and Education Science, 1(1), 16–23. Available at https://ijonses.net/index.php/ijonses/article/view/1
Pujiastuti, P., Firdaus, F. M., Herwin, Arlinda, Arlinda, R., Akbaresti, D. A., & Pertiwi, L. (2021). Pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas di sekolah dasar pada era kenormalan baru. Foundasia, 12(2), 52–58. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i2.43274
Ramadani, A. S., Supardi, Z. A. I., Tukiran, & Haryono, E. (2021). Profile of analytical thinking skills through inquiry-based learning in science subjects. Studies in Learning and Teaching, 2(3), 45–60. https://doi.org/10.46627/silet.v2i3.83
Rasweda, V., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh group investigation berbasis outdoor study terhadap kemampuan berpikir analitis siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 87–93. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6107
Sari, I. N., & Hayat. (2021). Service learning klinis artikel ilmiah bagi guru yang akan mengajukan kenaikan pangkat jabatan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1114–1119. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7985
Setiawati, E., Salamah, & Tarto. (2018). Workshop penyusunan proposal penelitian tindakan kelas dan artikel ilmiah pada guru BK SMA/MA di Kabupaten Bantul. Jurnal Dharma Bakti, 1(1), 34–44. Available at https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/dharma/article/view/292
Zulkifli, L., Syarifuddin, Gunawan, Doyan, & Hikmawati. (2019). Pelatihan penulisan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat skim kompetitif nasional bagi dosen FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 490–494. Available at https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1527
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1530-1545
Refbacks
- There are currently no refbacks.