PENDAMPINGAN PEYUSUNAN PETA POTENSI DAN MASALAH DESA KARANG BAYAN, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Sri Rahmi Yunianti, Baiq Harly Widayanti, Febrita Susanti, Sri Apriani Puji Lestari

Abstract


Desa Karang Bayan merupakan salah satu desa di Pulau Lombok yang memiliki berbagai kekayaan alam dan budaya. Dalam peraturan daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 11 tahun 2011 tentang RTRW Kabupaten Lombok Barat menetapkan Desa Karang Bayan sebagai kawasan cagar budaya desa tradisional. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara pembuatan peta potensi dan masalah desa yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengembangkan dan memasarkan potensi yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan metode transek desa, yang mana hasil dari transek ini selanjutnya FGD kan bersama dengan masyarakat. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat berbagai potensi di Desa Karang Bayan yakni potensi alam (pertanian, hasil perkebunan buah, hutan penyangga dan perikanan), potensi wisata dan budaya, serta potensi ekonomi lokal. Selain itu terdapat beberapa permasalahan terkait lingkungan dan budaya yang semakin terkikis. Dari hasil tersebut, kemudian dilakukan penyusunan peta bersama masyarakat untuk menetapkan titik lokasi masalah dan potensi yang dapat dijadikan wisata desa, hal ini sebagai arahan bagi masyarakat dan perangkat desa untuk mengembangkan Desa Karang Bayan sebagai desa wisata


Keywords


desa karang bayan, desa wisata, masalah, peta, potensi

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2018. Hasil Pendataan Potensi Desa (Podes), hlm. 1.

Bafdal, N., & dkk. 2011. Buku Ajar Sistem Informasi Geografis. Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Bandung.

Bappeda Kabupaten Lombok Barat. 2019. Shapefiled Administrasi Kecamatan dan Desa Kabupaten Lombok Barat

Profil Desa Karang Bayan. 2019.

Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 11 tahun 2011. Tentang RTRW Kabupaten Lombok Barat tahun 2011-2031, hlm 20.

Rizal, Achmad, 2018. Menjaring Data Dan Informasi Penelitian Melalui FGD (Focus Group Discussion) : Belajar Dari Praktik Lapang: Info Teknis EBONI Vol. 15 No. 1, Juli 2018 : 17 – 27 hal 18.

Soleh, Ahmad. 2017. Strategi Pengembangan Potensi Desa, Jurnal Sungkai Vol.5 No.1, Edisi Februari 2017 Hal : 32-52, (diakses 21 Januari 2021).

Wijaya, A., & Ayundha, O. 2014. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kantor Dinas Pemerintah Kota Palembang menggunakan ArcGIS. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014(Semantik 2014) hal. 129. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1234-1243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.