PEMBERDAYAAN KESEHATAN REMAJA KARANG TARUNA DESA KAPITA MELALUI PELATIHAN PIJAT ENDORPHINE ATASI DISMENORHEA REMAJA DI DESA KAPITA KEC. BANGKALA KAB. JENEPONTO

Nia Karuniawati, Sitti Hadriyanti Hamang, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Salah satu tanda keremajaan wanita secara biologis dimulianya remaja mengalami menstruasi. Menstruasi dimulai saat pubertas dan kemampuan seorang wanita untuk mengandug anak atu masa reproduksi. Ketika menstruasi tiba, ada kalanya terdapat kelainan atau gangguan yang ada hubungannya dengan menstruasi diantaranya premenstrual tension ( ketegangan sebelum haid), mastodinia, mittelschmerz (rasa nyeri saat ovulasi) dan dismenorhea yaitu rasa yang nyeri pada saat menstruasi. Dismenorhea merupakan gangguan menstruasi yang sering dialami oleh remaja putri yang ditandai dengan nyeri perut bagian bawah dan dapat disertai dengan gejala lain. Sebahagian besar besar nyeri haid terjadi saat usia remaja dan dapat menimbulkan dampak konflik emosional, ketegangan dan kegelisahan. Akibat dismenore mereka bahkan tidak dapat pergi kesekolah, aktivitas belajar dalam pembelajaran terganggu, konsentrasi menjadi menurun bahkan tidak ada dalam pembelajaran terganggu, konsentrasi menjadi menurun bahkan tidak ada sehingga materi yang diberikan selama pembelajaran yang berlangsung tidak bisa ditangkap oleh remaja yang sedang mengalami dismenorea. Salah satu cara untuk mengatasi dismenorea yaitu dengan manajemen sentuhan yaitu pijat endorphine. Pijat endorphine merupakan sebuah terapi pijatan ringan yang cukup penting diberikan pada wanita yang mengalami nyeri. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk pemberdayaan Kesehatan Remaja Putri Karang Taruna Desa Kapita melalui Pijat Endorphine.Melalui pemberdayaan Kesehatan Remaja Putri Karang Taruna  maka sangat menjadi peluang besar sebagai pusat informasi remaja putri di Desa Kapita sehingga manfaatnya lebih dekat karena informasi bisa mereka dapat langsung melalui peran para remaja yang terlibat dalam Karang Taruna.


Keywords


remaja putri,pijat endorphine

Full Text:

PDF

References


Ani T Prianti, Rika Handayani, R. (2019) ‘Pengaruh Kompres Panas Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Dismenorea Primer Pada Mahasiswi Universitas Megarezky’, in.

Eka Rahmadhayanti, Rahmalia Afriyani, A. W. (2017) ‘Pengaruh Kompres Hangat terhadap Penurunan Derajat Nyeri Haid pada Remaja Putri di SMA Karya Ibu Palembang’, Jurnal Kesehatan, VIII, pp. 369–374.

I.B.G, M. (2010) Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB Untuk Pendidikan Bidan. Jakarta.

Kuswandi, L. (2011) Keajaiban Hypno Brithing. Jakarta: Pustaka Bunda.

Lestari, N. M. S. D. (2013) ‘Pengaruh Dismenorea pada Remaja’, Jurnal Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA.

Poter, P. . dan P. (2005) Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktek. Jakarta: EGC.

Ratna Ningsih, Setyowati, H. R. (2013) ‘Efektivitas Paket Pereda Nyeri Pada Remaja Dengan Dismenore’, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 16 No, pp. 67–76.

Titiek Febriani, U. (2015) ‘Pengaruh Senam Dysmenorhea Terhadap Skala Nyeri’.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1229-1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.