PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK

Tedi Purbangkara, Azhari Ali Ridha, Fahrudin Fahrudin

Abstract


Pandemi virus coronoa  covid-19 telah berdampak merugikan semua sektor masyarakat, bisnis, pendidikan, dan ekonomi. Kemajuan teknologi, komunikasi, dan informasi di era Revolusi Industri 4.0 berdampak pada pemikirandan gaya hidup masyarakatsecara signifikan. Berbagai keuntungan dan fungsi penggunaan media digital mendorong instruktur dan sekolah untuk memasukkan komunikasi dan teknologi informasi ke dalam setiap kegiatan pembelajaran. Fungsi penggunaan media digital meliputi facilitasi berbagai proses pembelajaran serta penugasan tugas materi ajar kepada seluruh peserta didik oleh guru. Kemajuan teknologi informasi dan internet juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan. Untuk mencapaitujuan tersebut, kegiatan ini menggunakan pendekatan seminar dan pelatihan yang mencakup penyampaian materi, diskusi, dan praktik melalui penggunaan pendidikan atau pendidikan digital. Program pengabdian ini ditujukan untuk guru, karena mereka adalah kekuatan driving di balik proses pendidikan. Guru di SMK diharapkan menguasai penerapan teknologi informasi dan menggunakan teknologi untuk mempromosikan pembelajaran melalui kegiatan pengabdian.


Keywords


Meningkatkan Kompetensi Guru,Aplikasi Learning, Android

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. F. (2020). Asesmen alternatif dalam pembelajaran jarak jauh pada masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19) di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195-222.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Beritasatu. (2020). Education Ministry Teams Up with TVRI to Deliver Distance Learning. Jakarta Globe. Diambil dari: https:// jakartaglobe.id/news/education-ministry-teams-up-with-tvri-to-deliver-distance-learning

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Kemendikbud (2020). Belajar dari Rumah, Satuan Pendidikan Dapat Pilih Platform Pembelajaran Jarak Jauh. Ministry of Education and Culture. Diambil dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/belajar-dari-rumahsatuan-pendidikan-dapat-pilih-platform-pembelajaran-jarak-jauh-sesuai-kebutuhan

Khatri, H. (2019). Indonesian users in sparsely-populated urban areas connect to 4G more than 70% of the time. Opensignal. Diambil dari: https://www.opensignal.com/2019/11/12/indonesian-users-in-sparsely-populated-rural-areas-connect-to4g-more-than-70-of-the-

Koh, J. H. L., Chai, C. S., & Natarajan, U. (2018). Developing Indonesia teachers’ technological pedagogical content knowledge for 21st century learning (TPACK-21CL) through a multi-prong approach. Journal of International Education and Business, 3(1), 11-33.

Kusumawati, M. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes. Bandung: Alfabeta.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same?. The Internet and Higher Education, 14(2), 129-135.

Muchlas, S dan Hariyanto, M.S (2013). Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mufarikhah umar, L. U. L. U. S., & Nursalim, M. (2020). Studi kepustakaan tentang dampak wabah covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar pada siswa sekolah dasar (SD). Jurnal BK UNESA, 11(4).

Mutohir, T.C., Muhyi, M. dan Fenanlampir, A. (2011) Berkarakter dengan berolahraga, berolahraga dengan berkarakter, olahraga Membangun karakter bangsa. Surabaya : Sport Media

Muttaqin, T. (2018). Determinants of Unequal Access to and Quality of Education in Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning. 2(1). 1-20.

Rahayu, E.T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1112-1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.