PEMANFAATAN TANAMAN HERBAL UNTUK PENGOBATAN HIPERTENSI

Jelly Permata Sari, Yulianis Yulianis, Mia Audina, Yustina Nainggolan

Abstract


RT 71 Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi merupakan salah satu daerah yang tingkat pravelensi hipertensi yang cukup tinggi dari data yang diperoleh dari Puskesmas Kenali Besar. Kementrian Kesehatan juga mengupayakan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tanaman obat herbal, obat tradisional, dan obat herbal terstandar dalam upaya pengendalian penyakit. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan dengan sosialisasi terhadap masyarakat RT.71 Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, pada kegiatan yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait Pemanfaatan Tanaman Herbal Untuk Pengobatan Hipertensi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan survey ke tiap rumah warga, pembagian leaflet hipertensi, pemaparan materi terkait hipertensi dan materi tanaman herbal yang disertai demonstrasi produk, pengukuran tekanan darah dan cek gula darah gratis.  Hasil dari pengabdian yaitu meningkatnya pengetahuan yang didapat terkait pemanfaatan  tanaman herbal untuk hipertensi , dari hasil kuesioner yang sudah dibagikan didapatkan nilai rata-rata pretest untuk sosialisasi pemanfaatan tanaman herbal untuk pengobatan hipertensi sebesar 109,47 dan post-test sebesar 144,73.


Keywords


Pengabdian Masyarakat; Obat Herbal; Hipertensi.

Full Text:

PDF

References


Azizah, L.M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta. Graha Ilmu

Choironi, dkk. 2018. “Pengaruh Edukasi Terhadap Pemanfaatan Dan Peningkatan Produktivitas Tanaman Obat Keluarga (Toga) Sebagai Minuman Herbal Instan Di Desa Ketenger Baturraden. Kartika:Jurnal Ilmiah Farmasi.

Damayanti, Et All. 2017. Metode Pre-Test Dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Jurnal Kesehatan.

Imelda, dkk. 2020. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi pada Lansia di puskesmas air dingin lubuk minturun. Healh and Medical Jurnal.

Izzati, Wisnatul, And Fanny Luthfiani. 2017. Pengaruh Pemberian Air Rebusan Bawang Putih Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Afiyah.

Notoatmojo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rista E, dkk. 2012. Online di: asupan protein, lemak jenuh, natrium serat dan IMT terkait dengan tekanan darah pasien hipertensi di rsud tugerejo semarang.

Yanti, E.(2018). Pengaruh Pemberian Rebusan Daun Kelor (Moringa Olifiera) Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Jik : jurnal ilmu kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1132-1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.