PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA BAGI GURU SMA NEGERI 7 PEKANBARU

Asyti Febliza, Zul Afdal, Oktariani Oktariani

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada guru-guru SMA Negeri 7 Pekanbaru dalam membuat video pembelajaran menggunakan software Camtasia. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan/workshop yang dilakukan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan. Kegitan pengabdian meliputi: kegiatan penyampaian materi oleh narasumber, pendampingan pembuatan video pembelajaran dan evaluasi kegiatan. Hasil evaluasi kegiatan memperlihatkan bahwa peserta pelatihan meningkat keterampilannya yang terlihat dari hasil evaluasi pada indikator peningkatan keterampilan peserta sebesar 93,8%. Selain itu, secara keseluruhan peserta kegiatan menyatakan kepuasannya terhadap kegiatan yang dilaksanakan dengan perolehan rata-rata kepuasan peserta mencapai 90,3%. Dengan meningkatkan keterampilan guru-guru dalam mebuat video pembelajaran diharapkan kedepannya materi pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk yang lebih menarik.


Keywords


video pembelajaran, Camtasia, Covid-19, Daring

Full Text:

PDF

References


Adisasongko, Nur. 2019. Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKR SMK. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (2019).

Febliza, Asyti., Afdal, Zul. 2015. Media Pembelajaran Dan Teknologi Informasi Komunikasi. Pekanbaru: Adefa Grafika.

Febliza, Asyti., Oktariani & Afdal, Zul. 2020. Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Video Kontekstual Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu 4(1):168–74.

Hidayati, Abna, Winanda Amilia, and Mutiara Felicita Amsal. 2018. Need Analysis of Media Video Development for Character Education at Early Childhood Education in Padang. 169(Icece 2017):108–10. doi: 10.2991/piece-17.2018.26.

IKAPI. 2008. Video Editing Dan Video Production. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Kemdikbud. 2020. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Belajar Dari Rumah Dimasa Pandemi Covid-19. 1. Retrieved June 15, 2020 (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah).

Mesiono. 2017. Dalam Tinjauan Evaluasi Program. Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan 4(2):1–22.

Nawir, Kaharuddin Arafah, and Triyanto Pristiwaluyo. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Peserta Didik Kelas XII IPA 3 SMA Negeri Donri Donri Kabupaten Sopeng. Jurnal Pendidikan Dan Evaluasi Pendidikan 1(1):1–8.

Prawanti, Lia Titi, and Woro Sumarni. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES 286–91.

Purbayanti, Hutami Sri, Ponoharjo Ponoharjo, and Dian Nataria Oktaviani. 2020. Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. JIPMat 5(2):165–72. doi: 10.26877/jipmat.v5i2.6693.

Rasidi, Muhamad Ahyar, Nurrismi Hikmatullah, and M. Sobry. 2021. Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Di Kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(2):159. doi: 10.30659/pendas.8.2.159-174.

Susiyanti, Endang, and Nursiwi Nugraheni. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Pp. 77–92 in Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.900-904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.