PENGUATAN KAPASITAS LITERASI MEMBACA LANTANG PENGELOLA TAMAN BACA MASYARAKAT ANAK CINTA LINGKUNGAN (ACIL) ENDE

Natalia Peni, Melania Priska, Novita Meha, Jefrianus Endong

Abstract


Taman baca masyarakat (TBM) adalah sebuah wadah yang dibangun dari, oleh, dan untuk masyarakat sebagai sarana peningkatan kualitas dan budaya belajar yang mampu menjadi alternatif bagi masyarakat kurang mampu di daerah terpencil yang sulit terjangkau. Salah satu TBM di Kabupaten Ende adalah TBM Anak Cinta Lingkungan (ACIL) yang didirikan pada tanggal 28 Oktober 2013 oleh komunitas independen dari pendidik pelestari alam. TBM ini lahir dengan latar belakang minimnya perhatian masyarakat akan kebutuhan literasi anak, remaja, dan ibu. Anak usia sekolah lebih cenderung bermain, menonton TV, dan melakukan aktivitas yang kurang menambah pengetahuan dan keterampilan. Aktivitas membaca dan menulis jarang terlihat di rumah- rumah atau di luar jam sekolah. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola dalam membaca lantang untuk meningkatkan minat baca anak dengan solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan Forum Group Discusion (FGD) pada aspek teknik untuk tokoh masyarakat, dan workshop membaca lantang pada aspek manajemen untuk pengelola taman baca. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah pengelola TBM ACIL Ende mampu mengelola TBM dan menerapkan aktivitas membaca lantang pada anak-anak binaan.


Keywords


membaca lantang; taman baca masyarakat

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. 2017. Penerapan permainan Bahasa (Kartasis) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2):75-83.

Anggraeni, K. 2016. Efektivitas Metode Steinberg dengan Media Big Book terhadap Keterampilan Membaca Nyaring. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1): 83-94.

Dewi, L. N. K. 2018. Tri Pusat Pendidikan dan Literasi sebagai Elemen Strategis Penguatan Karakter dan Pencerdasan Bangsa. Maha Widya Bhuwana, 1(2): 70-77.

Idrus, I. I., Tamrin, S., Ramli, M. 2020. PKM Gerakan Literasi Keluarga (GLK) pada Ibu Rumah Tangga di Kampung KB Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar sebagai Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. Humanis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(2):58-65.

Joyo, A. 2018. Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2): 159-170.

Milla, A. B. M., & Suprojo, A. 2016. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2): 17-24.

Patiung. D. 2016. Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al’daulah. 5(2): 352-376.

Permatasari, A. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, pp 146-156.

Pramudyo, G.N., Ilmawan, M. R., Azizah, B., Anisah, M., Deo, Y. 2018. Inovasi Kegiatan Taman Baca Masyarakat (TBM). Lentera Pustaka, 4(1): 29-38.

Rochmah, Z. & Bakar, M. Y. A. 2021. Studi Kebijakan mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2): 110-115.

Saepudin, A. & Mentari, B. N. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat melalui Taman Baca Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi. Kwangsan, 4(1): 43-54.

Sari, E. S. & Pujiono, S. 2017. Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. Litera, 16(1): 105-113.

Warsihna, J. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2): 67-80.

Widhiasih, L. K. S. & Dharmayanti, P. A. P. 2017. Strategi Membaca Nyaring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2): 96-105.

Wuryani, W. & Nugraha, V. 2021. Pendidikan Keluarga dalam Penguatan Literasi Dasar pada Anak. Semantik, 10(1): 101-110.

Yuliyanto, Y. & Irhandayaningsih, A. 2019. Pemberdayaan Masyarakat melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Anuva, 3(4): 377-386.

Yumnah, S. 2017. Membudayakan Membaca dengan Metode Read Aloud. Pancawahana.: Jurnal Studi Islam, 12(1): 84-90.

Yunita, Fitri, Zulfahita. 2017. Peningkatan Keterampilan Membaca Ekstensif menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Singkawang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1): 12-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.996-1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.