IMPLEMENTASI MANAGEMENT KESELAMATAN KESEHATAN KERJA (K3) DI LINGKUNGAN SMK WAHID HASYIM LAMONGAN TEKNIK PEMESINAN

Moh Ririn Rosyidi, Nailul Izzah, Suparno Suparno, Muhammad Hafidz Yusuf, Dina Amaliyah Mushthoza

Abstract


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur. Factor manusia kecelakaan kerja terjadi karena bekerja tidak sesuai dengan prosedur, bekerja sambil bergurau, tidak menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD), menaruh barang atau alat secara tidak benar, kelelahan, kebosanan dan sebagainya. SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan, Jl. Raya Glagah No.5, RW.02, Glagah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62292, masalah yang ada di mitra yaitu pada proses praktikum bengkel bisa saja terjadi kecelakaan kerja karena tidak menggunakan alat pelindung diri, selanjutnya tempat praktikum kerja bangku dilakukan siswa masih kurang. Kecelakaan akan terjadi jika praktikum kerja bangku ini tanpa menggunakan APD, kemungkinan yang terjadi yakni serbuk besi pada pemotongan gerindra akan bisa terkanak mata, bisa melubangi baju tipis, kepala akan bisa terkenak serpihan besi pada saat pemotongan. Untuk memberikan solusi terhadap mitra akan melakukan penyuluhan untuk mengetahui pentingnya K3 terhadap praktikum, memakai alat pelingdung diri agar bisa meminimalisir kecelakaan pada saat praktikum jobsheet pembuatan palu, memberikan alat pelidung diri pada siswa SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan kelas 10 TPM


Keywords


implementasi management keselamatan kesehatan kerja, alat pelindung diri

Full Text:

PDF

References


Adzim, H. (2013). Pengertian (Definisi) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Retrieved from Sistemmanajemenkeselamatankerja. Blogspot. My: Https://Sistemmanajemenkeselamatankerja. Blogspot. My/2013/09/Pengertiandan-Definisi-K3-Keselamatan. Html.

Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21–30.

Damayanti, S., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Bandoengsche Melk Centrale Kota Bandung. Banking & Management Review, 9(2), 1330–1344.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Indonesia, R. (2015). Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun, 5714.

Noviandry, I. (2013). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pekerja dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada industri pengelasan informal di Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang Tahun 2013.

Prabowo, A., Sudiajeng, L., & Mudhina, M. M. (2020). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja (Smk3) Pada Proyek Reklamasi Apron Barat Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai–Bali. 1(1), 79–84.

Widodo, S. (2003). Norma Perlindungan Ketenaga Kerjaan, Keselamatan, dan kesehatan Kerja. Yogyakarta: Sn.

Yuniati, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Diunduh Kembali Dari Http://Eprints. Uny. Ac. Id/7530/1/JURNAL% 20SKRIPSI. Pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.905-911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.