PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA DI SD INPRES ENDE 7

Gregorius Taga, Stefanus Notan Tupen, lely Suryani, Konstantinus Denny Pareira Meke, Ariswan Usman Aje

Abstract


Kegiatan Pengabdian ini berfokus pada kegiatan pembuatan alat peraga matematika bagi Guru-guru di SD Inpres Ende 7 yang beralamat di jalan Gatot SUbroto, Ende, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dilakukan lebih kurang 2 bulan yaitu dari pertengahan Juli hingga September 2021. Hasil survey awal tim pengabdi di mitra menemukan permasalahan bahwa banyak guru-guru yang masih belum bisa mebuat alat peraga dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu tim Pengabdi memberikan Pelatihan pembuatan alat peraga yang dinamakan Lempeng Bilangan Bulat agar dapat memudahkan guru-guru memberikan pemahaman dan pengertian kepada para siswa siswi dalam pembelajaran operasi bilangan Bulat.  Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah FGD (Focus Group Discussioan), kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dan penyluhan, serta pelatihan dan demonstrasi. Hasil yang didapatkan setelah pengbdian yang dilakukan adalah peningkatan kemampuan guru-guru dan pembuatan alat peraga yang dinamakan lempeng bilngan bulat serta pengunaannya.


Keywords


Training; Propos; Environment.

Full Text:

PDF

References


Andhani, N. & Nur’aeni L, E. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(1). 1-8

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2) 91-99

Arifuddin, A. & Arrosyid, S. R. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi. 4 (2): 165-178. http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834

Aryani, W., & Mansur, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 55 –78. Retrieved from http://103.20.188.221/index.php/primary/article/view/417

Bruner, Jerome S. (1999). The Process of Education (2th edition). London: Harvard University Press.

K D P Meke et al 2018 J. The Effectiveness of Problem-based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability in Mathematics Learning. Phys.: Conf. Ser. 1097 012135. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012135

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 2(2), 1-12

Mariamah, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Number Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp It Suhadah Yogjakarta. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(1), 83. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i1.1058

Meke, K. D. P., Wondo, M. T. S. & Wutsqa, D. U. (2019). Pembelajaran problem based learning dengan penggunaan bahan manipulatif ditinjau dari minat belajar matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika). 13(2). 164-177. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.6834

Muchlis, E. E., Rahimah, D., & Maizora, S. (2015). Kompetensi Guru Sd Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kota Bengkulu Training in Creating of Environtmental Maths Props To Improve Primary School Teacher Competence in Executing 2013 Curriculum in Bengkulu City. 167–173.

Muijs, D., & Reynolds, D. (2011). Effective Teaching: Evidence and Practice (3rd ed.). Los Angeles CA: Sage.

Piaget, Jean dan Inholder, 2010. Psikologi Anak The Psychology of Child (Alih Bahasa: Miftahul Jannah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Virdinarti Putra, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivistik Dengan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sdn Piyanggang 02. Jurnal Akrab Juara, 4(1), 131-139. Retrieved From http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/470

Rosyidah, N. K., Maulyda, M. A. & Oktaviyanti, I (2020). Miskonsepsi Matematika Mahasiswa PGSD Pada Penyelesaian Operasi Hitung Bilangan Bulat Awal. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. 2(1), p. 15-21

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-. Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaban Dipantara.

Sidik, G. S., & Wakih, A. A. (2020). Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 461-470. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i1.633

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555

Sundayana, & Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Suryani, L., Tute, K. J., & Aje, A. U. (2019). Penumbuhan Karakter CInta Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan-Kegiatan Di Organisasi Anak Cinta Lingkungan Kabupaten Ende NTT. 4(2), 23–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v4i2.1082




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.793-801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.