EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 DENGAN METODE DONGENG PADA KELOMPOK ANAK USIA DINI

Risva Risva, Dewi Yuniar, Sabrina Yanuar

Abstract


Kondisi pandemi COVID-19  telah membuat banyak perubahan di segala sektor, termasuk pembelajaran jarak jauh yang harus dilaksanakan. Pengawasan dan penyampaian materi terkait pengetahuan pada anak usia dini mengenai bahaya  dan pencegahan COVID-19 sangatlah penting. Tidak dapat dipungkiri pelaksana lembaga pendidikan mengalami kendala dalam memberikan penyampaian materi pembelajaran secara optimal kepada anak didiknya, tidak terkecuali pada sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak di kota Samarinda. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini adalah edukasi pencegahan penularan COVID-19 dilakukan dengan ruang sastra dongeng untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kepekaan anak usia dini untuk menjaga kebersihan diri dan waspada penularan COVID-19. Dihadiri oleh 22 orang anak Paud dan TK di Kecamatan Sambutan Kota Samarinda, rata-rata usia 5-6 tahun. Evaluasi keberhasilan kegiatan dilakukan dengan melakukan cecklist pre-test dan post-test sebelum dan sesudah dilakukannya pendongengan, sebanyak 31,8 % menjawab mengetahui COVID-19, 68,2%  menjawab tidak.  Menjawab dengan benar gejala demam, batuk, sesak nafas didapatkan hasil pre-test (45,5% - 54,5%), dan hasil pos-test  (86,4% - 100%). Sedangkan untuk pertanyaan pencegahan pre-test 27,3% - 100% menjawab benar, dan hasil pos-test terjadi meningkatan  (77,3 – 100%). Kesimpulan pengetahuan tentang pencegahan dan penularan COVID-19 pada anak usia dini masih kurang pada saat sebelum menyaksikan dongeng edukasi terkait pencegahan penularan COVID-19 dengan membangun kebiasaan mencuci tangan

Keywords


COVID-19, Usia Dini, ruang sastra

Full Text:

PDF

References


Adrian, K. (2020). Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah.

Alzyood, M., Jackson, D., Aveyard, H., & Brooke, J. (2020). COVID-19 reinforces the importance of handwashing. Journal of Clinical Nursing, 29(15–16), 2760–2761. https://doi.org/10.1111/jocn.15313

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609 Persepsi

Bhatt, T., Kumar, V., Pande, S., Malik, R., Khamparia, A., & Gupta, D. (2020). A Review on COVID-19. The Indian Journal of Pediatrics, 87(4), 281–286. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12098-020-03263-6 REVIEW

Dzaky, L. F., & Arisman, A. (2021). Analisis Lingkungan Strategis Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Rutan Kelas IIB Kudus. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 15(2), 199. https://doi.org/10.30641/kebijakan.2021.v15.199-214

Hayati, Y. N. (2020). Implikasi Pencegahan Penularan Corona Melalui Kegiatan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Genius, 1(2), 124–140. https://doi.org/10.35719/gns.v1i2.16

Kemdikbud. (2020). Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Megawati, A., Hastuti, E. D., & Sari, D. E. M. (2018). Peningkatan Kualitas Kesehatan Anak Dengan Penerapan Cara Mencuci Tangan Yang Benar Dan Pengenalan Tentang Obat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kesehatan. https://doi.org/10.31596/jpk.v1i1.6

Priyatna, A., Mellinawati, L., & Subekti, M. (2017). Pengenalan Pola Hidup Berwawasan Lingkungan Pada Ibu dan Anak di PAUD Siti Fatimah, Kota Cirebon. Pengabdian, Jurnal Masyarakat, Kepada, 1(6), 348–351.

Saida, Esso, A., & Parawansah. (2020). Cegah Covid 19 Melalui Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 329–334.

van Doremalen, N., Bushmaker, T., Morris, D. H., Holbrook, M. G., Gamble, A., Williamson, B. N., Tamin, A., Harcourt, J. L., Thornburg, N. J., Gerber, S. I., Lloyd-Smith, J. O., de Wit, E., & Munster, V. J. (2020). Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1. New England Journal of Medicine, 382(16), 1564–1567. https://doi.org/10.1056/NEJMc2004973

Vitalaya, N. A. R. (2020). EDUKASI COVID-19 PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI PEMBIASAAN POLA HIDUP BARU DI KELURAHAN KUTAJAYA. JURNAL FAJAR, 21(1), 11–22. https://doi.org/10.15408/jf.v21i1.20609 Abstract:

Wardhani, D. K., Susilorini, M. R., Angghita, L. J., & Ismail, A. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan COVID-19 Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. Jurnal Abdidas, 1(3), 131–136. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i3.33

Yanti, E., Fridalni, N., & Harmawati. (2020). Mencegah Penularan Virus Corona. Journal Abdimas Saintika, 2, 7.

Yusriani, Y., & Agustini, T. (2021). Pencegahan Penularan Novel Corona Virus (Covid-19) Melalui Edukasi 10 Jari Untuk Anak Indonesia. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 422–428.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.717-725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.