PENGEMBANGAN AGROPREUNERSHIP DAN DIGITALISASI DALAM UPAYA BRANDING DESA WISATA WONOLOPO

Meike Amelia Hanifah, Shabrina Mirza, Kholifatul Afwah, Salsabila Rahma, Alfi Widianto, Galih Ratna, Alif Hardika, Jian Janata, Siti Muzdalifah, Ahmad Miftakhul, Tirta Ramadhani, Javier Rayhan, Muhammad Munsarif

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dan potensi yang besar dalam membangun perekonomian sektoral maupun nasional. Pelaku UMKM di Desa Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang masih menghadapi permasalahan yang terkait kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Digital Marketing strategi. Keterbatasan ini merupakan permasalahan yang penting bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Sehingga dalam penelitian ini kami akan memaparkan upaya pengembangan branding yang dilakukan kepada masyarakat Desa Wonolopo. Beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan sosialisasi yang rutin setiap minggu. Dalam pelaksanaanya hanya 20 peserta yang dapat mengikuti, sehubungan masih dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) yang terus menerus berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini, diharapkan para peserta yang mengikuti dapat lebih terbuka secara pengetahuan tentang bagaimana cara mempromosikan potensi Desa Wonolopo dengan mengikuti perkembangan zaman.


Keywords


UMKM, Digital Marketing,Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Pradana RA. (2016). Analisis program pembangunan desa wonolopo di kota semarang.

https://104162-ID-analisis-program-pembangunan-desa- wisata.pdf

A. Bambang. (2020).Pengembangan UMKM Digital dimasa pandemi Covid19. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512

F.Yessi.M.Samsul.(2017). Manfaat Pengembangan Desa Wisata Wonolopo terhadap Kondisi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan Masyarakat Lokal. http://garuda.ristekdikti.go.id/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i4.1286-1290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.