PELATIHAN PUDING SEHAT LABU SIAM (PUHAT LASI) PENURUN HIPERTENSI PADA LANSIA KELURAHAN DANAU BALAI

Reni Agustina Harahap, Irna Khairani, Duta Warasita, Novia Herfina, Siti Nur Aidah

Abstract


Labu siam merupakan salah satu alternatif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam prioritas masalah yang ada di kelurahan danau bale yaitu hipertensi, kami dari PBL-DR 14 Labuhan Batu-Labusel mengajak masyarakat untuk melakukan pelatihan pembuatan obat tradisional untuk menurunkan hipertensi yang berbahan dasar labu siam. Target khusus dari pelatihan ini adalah para lansia dan ibu rumah tangga yang dapat mengolah bahan utama yaitu labu siam yang biasanya dijadikan sayuran kini di inovasikan menjadi makanan berupa puding sehat labu siam.  Kalium  mempunyai efek pompa Na-K yaitu kalium dipompa dari cairan ekstra selular ke dalam sel, natrium dipompa keluar ke dalam sel, dan natrium dipompa keluar sehingga kalium dapat menurunkan tekanan darah. Buah labu siam mengandung zat saponin, tannin juga alkaloid dan daun dari labu siam mengandung saponin, polifenol serta flavonoid. Dalam pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan sosialisasi, Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan bersamaan berlangsungnya penyuluhan bahaya hipertensi di Kelurahan Danau Balai. Pengolahan labu siam menggunakan bahan-bahan alami tanpa zat berbahaya ataupun zat pengawet. Puhat Lasi memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya penderita hipertensi adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pengolahan puding sehat labu siam (puhat lasi), masyarakat dapat melakukan pengolahan sendiri sehingga dapat meningkatkan Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.


Keywords


labu siam, hipertensi, lansia

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. (2021). Hipertensi Penyakit Paling Banyak Di Idap Masyarakat. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html (9 Oktober 2021)

Kemenkes RI. (2021). Hipertensi Penyebab Utama Penyakit Jantung, Gagal Ginjal, dan Stroke. Retrieved from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210506/3137700/hipertensi-penyebab-utama-penyakit-jantung-gagal-ginjal-dan-stroke/ (9 Oktober 2021)

Kemenkes RI. (2019). Hipertensi Si Pembunuh Senyap. Kemenkes RI. Kementerian Kesehatan RI, 1-5.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Nurhalimah Siti, dkk. (2018). Pengaruh Labu Siam (Cucurbitaceae) Terhadap Tekanan Darah dan Kolesterol Pada Pasien Hipertendi Di Kelurahan Tlogomas Malang. Mahasisea Program Studi Keperawatan fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, 3, 785-790.

Shelli Septiana, S. J. (2021). PEMBERIAN JUS LABU SIAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI PENDAHULUAN Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat keluarga yang dan terdiri atas orang kepala yang Hipertensi berkaitan dengan kenaikan tekanan sistolik atau tekana. Manajemen Asuhan Keperawatan, 5(1), 32–41.

Wold Health Organization. Hypertension. (2021). Retrieved from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension (9 Oktober 2021)

Yogiantoro, Muhammad. (2010). In FKUI, Hipertensi Essensial: Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: pp:1079.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i2.484-489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.