PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN MELALUI PENGOLAHAN ABON IKAN DAN NUGGET IKAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH KABUPATEN BONE

Rahmatunnair Rahmatunnair, Sultan Hasanuddin

Abstract


Pengabdian masyarakat   ini berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Nelayan  Melalui Pengolahan Abon Ikan dan Nugget Ikan Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Dalam Mendukung Program  Pemerintah Kabupaten Bone”. Program ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat nelayan dalam pengelolaan Abon Ikan dan nugget ikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan, meningkatkan pemahaman mengenai penyusunan laporan keuangan sederhana untuk UMKM, meningkatkan  pemahaman dan keterampilan dalam membuat media promosi dan strategi pemasaran, dengan menggunakan media online shopping, dan memberikan  motivasi bisnis untuk pengembangan usaha yang lebih besar. Program ini juga hadir untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Bone yaitu menciptakan masyarakat  sejahtera : masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan hidup berkelanjutan dalam aspek ekonomi, politik, sosial budaya, lingkungan hidup  didukung oleh infrastruktur  dan tata kelola pemerintahan yang baik. Hasil yang telah diperoleh selama pelaksanaan yang dilakukan Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone yaitu adanya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan ikan alternatif dengan produknya yaitu berupa Nugget Ikan dan Abon Ikan dengan Desain Kemasan sendiri, disusunnya laporan keuangan sederhana untuk mitra, serta penggunaan online shoping dalam pemasaran. Program ini juga hadir untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Bone  yaitu Professional, Produktif, Proaktif (MP3)  melalui perkuatan dan peningkatan perekonomian kerakyatan dengan optimalisasi dari potensi daerah utamanya sektor Perikanan Kelautan.


Keywords


Abon, Ikan, Nugget, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, 2017, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bone 2012 -2032, Bone : BAPPEDA.

Dahuri, R., 2003, Keanekaragaman Hayati Laut. Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kieso. 2015. Principle Accounting. Wiley : USA

Noer, Soetrisno. 2002. Pengembangan UKM, Ekonomi rakyat Dan penanggulangan Kemiskinan. Jakarta 2013. Pengantar Akuntansi 1 Pendekatan Siklus Akuntansi. Erlangga : Jakarta

Siregar, Baldric. 2016. Akuntansi Biaya edisi 2. Salemba Empat:Jakarta

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung.

Sumardjo. 2004. Teori dan Praktik Kemitraan Agribisnis. Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.719-728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.