PELATIHAN STANDAR OPERASIONAL KERJA (SOP) SPA SAAT PANDEMI COVID-19 DAN SPA BERBASIS KOMPETENSI PADA UMKM SALON KECANTIKAN DI KOTA BUKITTINGGI

Prima Minerva, Tyas Asih Surya Mentari

Abstract


Pandemic Covid 19 menjadi external shock bagi UMKM SPA. Penurunan pemasukan dan jumlah pelanggan yang dratis memberikan tantangan pada kemampuan usaha SPA untuk bertahan. Hal ini dirasakan oleh Weiby dan NM Salon yang terletak di pusat Kota Bukittinggi. Pelayanan SPA mitra belum menerapkan protokol kesehatan sehingga menimbulkan keraguan pelanggan terhadap keamanan dari resiko tertular Covid 19. Mitra juga belum pernah mengikuti pelatihan SPA berbasis kompetensi yang penting untuk peningkatkan kualitas pelayanan. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan Standar Operasional Prosedur (SOP) SPA saat pandemic Covid 19 dan perawatan sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang SPA. Pelatihan ini dilakukan dengan kombinasi metode ceramah, demontrasi, praktek langsung, diskusi dan bimbingan. Materi yang di berikan yaitu mulai dari Screening klien, pengunaan Alat Pelindung Diri (APD), proses sterilisasi dan desinfektan pada SPA, prinsip keselamatan dan kesehatan Kerja, analisa dasar kondisi pelanggan, Pijat Badan Indonesia,body Scrub dan Masker Badan. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar serta peserta dapat menerapkan protocol covid 19 dan standar kompetensi saat melakukan perawatan. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan rasa aman pelanggan dalam melakukan perawatan, memberikan kebaruan dalam perawatan SPA serta meningkatkan kualitas pelayanan sehingga mampu mempertahankan ekistensi di masa pandemi Covid 19 ini.


Keywords


Training, SOP, Competence, SPA

Full Text:

PDF

References


Bernadine,M. (2019). Perumusan Strategi Bisnis Salon Andika di Cibubur Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi

Budiman G dan Nuraini D. (2020). Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19.KBM Indonesia

Desyinta Nuraini. (2020). SOP Salon dan Spa Martha Tilaar Saat Pandemi Virus Corona.https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200607/263/1249583

Maharani N.M .(2020). Protokol Kesehatan Melakukan Pijat Saat Pandemi COVID-19. https://tirto.id/protokol-kesehatan-melakukan-pijat-saat-pandemi-covid-19-fVCK

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (2017) Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Kegiatan Jasa Lainnya Golongan Pokok Jasa Perorangan Lainnya Bidang Sante Par Aqua (SPA)

Prabawa.I. (2018). Meningkatkan Produktivitas karyawan melalui pemberdayaan dan Pelatihan di Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 1, 2018: 497- 524

Purnomo B. (2020). Covid 19 dan Resilensi UMKM dalam Adaptasi Kenormalan Baru. New normal :Perubahan Sosial Ekonomi Akibat Covid 19. Gajah Mada University Press

Sina. (2020). Ekonomi Rumah Tangga Di Era Pandemi Covid. Journal Of Management (SME’s) Vol. 12, No.2, 2020, p239-254 (prosedur spa Covid)

Soehardi. (2020). Pengaruh Pandemik Covid-19 Terhadap Pendapatan Tempat Wisata dan Kinerja Karyawan Pariwisata di Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI) e-ISSN: 2597-792X, ISSN: 1410-9794 Edisi Khusus No. 1 (Juli 2020), Halaman: 1 – 14

Sudarsono, Nelva Karmila Jusuf. (2015). Spa Di tinjau Dari Segi Dermatologi Kosmetik. Journal Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK Universitas Sumatera Utara Vol.39 No.4 Tahun 2015: 192-200

Sulistomo AW dkk. (2020). Panduan Perlindungan Bagi pekerja di fasilitas Pelayanan dalam masa pandemic COVID 19

Sutanto K dan Batihalam L. (2015). Pengetahuan, Aplikasi dan Manfaat SPA. Pt Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo Hadiwardoyo. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19. : Journal of Business and Entrepreneurship Volume 2 No. 2 April 2020

Wiwik Suprihatin. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Bestari . Volume /Nomor 01, Agustus 2020, P.56-66




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.355-365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.