DETEKSI DINI KEKURANGAN GIZI KRONIK DENGAN METODE PEMERIKSAAN LINGKAR LENGAN ATAS PADA IBU HAMIL

Endah Mulyani, Luluk Yuliati, Diani Octaviyanti Handajani, Rokani Rokani, Dwi Linda Sari

Abstract


Kekurangan Energy Kronis pada ibu hamil adalah penyebab tidak langsung kematian dan kesakitan pada ibu dan bayi. Pada kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 status gizi ibu perlu untuk diperhatikan karena ibu hamil merupakan kelompok rawan gizi dan juga rawan tertular virus. Pada tahun 2018 didapatkan laporan bahwa sebanyak 17,3% ibu hamil mengalami KEK . Berdasarkan hasil laporan Survei Mawas Diri Puskemas Manyar pada bulan desember 2020 tercatat 19,83% ibu hamil masuk dalam katagori resiko tinggi dan 63,4% memiliki resiko KEK, desa Leran merupakan salah satu wilayah yang prevalensi KEK cukup tinggi. Berdasarkan uraian masalah maka pengabdi tertarik untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan pemeriksaan status gizi ibu hamil di desa Leran sebagai upaya deteksi dini masalah gizi. Deteksi dini dilakukan dilakukan dengan pemeriksaan antropometeri guna mendata berat badan ibu sebelum hamil, mengukur tinggi badan dan berat badan saat ini serta melihat ukuran lingkar lengan atas. Kegiatan pengabdian mendapat dukungan penuh dari bidan dan kader desa, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat mengenai status gizi ibu hamil. Berdasarkan hasil pemeriksaan didapatkan 14,8% ibu hamil mengalami kekurangan energy kronik. Kegiatan ini penting sebagai referensi dalam penetapan pengelolaan dan penanganan yang tepat dimasa pandemi seperti ini.


Keywords


Ibu Hamil; Status Gizi; Kekurangan Energi Kronik; Gizi Maternal

Full Text:

PDF

References


Azizah, Anisatun., M. A. (2017). Tingkat Kecukupan Energi Protein pada Ibu Hamil Trimester Pertama dan Kejadian Kekurangan Energi Kronis. Media Gizi Indonesia, 12(1), 21–26.

Ernawati, A. (2018). Hubungan Usia dan Status Pekerjaan Ibu dengan Kejadian Kurang Energi Kronis Pada Ibu Hamil. Jurnal Litbang, 14(1), 27–37.

Kuspriyanto, & Susilowati. (2016). Gizi Dalam Daur Kehidupan (I; A. Suzana, Ed.). Bandung: Refika Aditama.

Mahirawati, V. K. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil di Kecamatan Kamoning dan Tembelang Kabupaten Sampang Jawa Timur. Bulletin Penelitian Sistem Kesehatan, 17(2), 193–202.

Marlenywati. (2010). Resiko Kurang Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil Remaja (15-19 tahun) Di Kota Pontianak Tahun 2010. Universitas Indonesia.

Riskesdas. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018 Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. In Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB) (Vol. 3).

Rizkah, Zahidatul., T. M. (2017). Hubungan Antara Umur, Gravida dan Status Bekera Terhadap Resiko Kurang Energi Kronis (KEK) dan Anemia pada Ibu Hamil. Amerta Nutrition, 72–79.

Supariasa, DN., Bakti B., & Fajaar, I. (2013). Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC JAKARTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i5.1930-1935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.