PENGENDALIAN HAMA PADA TANAMAN JAGUNG DI DESA TANJUNG GUNUNG KECAMATAN LAUBALENG KABUPATEN KARO DENGAN MENGGUNAKAN PESTISIDA NABATI

Nana Trisna Mei Br Kabeakan, Rini Susanti, Muhammad Alqamari

Abstract


Tanaman jagung merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai bahan baku untuk sektor industri pakan ternak. Peningkatan produksi harus dilakukan agar kebutuhan bahan baku dapat terpenuhi. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan untuk mencegah faktor yang menghambat produksi jagung, diantaranya adalah hama penggerek batang. Selama ini, petani mitra melakukan pengendalian terhadap hama penggerek batang jagung dengan menggunakan pestisida kimiawi, yang memiliki harga  cenderung tinggi dan tidak ramah terhadap lingkungan, sehingga pengenalan pestisida nabati kepada petani adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi petani jagung dalam mengatasi permasalahan mengendalikan hama penggerek batang jagung yang efektif, efisien dan aman bagi lingkungan. Model kegiatan dengan cara penyuluhan dan dilanjutkan dengan cara pembuatan pestisida nabati serta memberi tahu pengaplikasian pestisida nabati mulai dari cara hingga waktu yang tepat untuk digunakan.


Keywords


Jagung;Hama;Pestisida Nabati

Full Text:

PDF

References


Balibangtan. 2015. Pedoman Umum Pengembangan Model Kawasan Mandiri Benih Padi, Jagung, dan Kedelai. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Jakarta.

Lalujan, L.E. 2017. Komposisi Kimia Dan Gizi Jagung Lokal Varietas ‘Manado Kuning’ Sebagai Bahan Pangan Pengganti Beras. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mubushar M, Aldosari FO, Baig MB, Alotaibi BM, Khan AQ. 2019. Assessment of farmers on their knowledge regarding pesticide usage and biosafety. Saudi Journal of Biological Sciences. 26(7):1903-1910.

Nonci, N. dan D. Baco. 1987. Pengaruh Waktu Infestasi dan Jumlah Larva Ostrinia furnacalis Guenee terhadap Kerusakan pada Tanaman Jagung. Agrikam, Buletin Penelitian Pertanian Maros. 2: 49‒59.

Soenandar., Muanis, N.A & Ari, R. 2010. Petunjuk Praktis Membuat Pestisida Organik. Agromedia Pustaka. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.350-354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.