PELATIHAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAUD

Finita Dewi, Risty Justicia, Tia Citra Bayuni

Abstract


Pembelajaran anak usia dini di masa kondisi khusus mengharuskan guru bertindak sebagai pencipta pembelajaran daring dalam waktu yang singkat. Untuk melaksanakan emergency remote learning yang baik para guru harus dibekali dengan kemampuan menguasai teknologi pedagogic content knowledge. Kemampuan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi di masa PJJ sangat dibutuhkan agar pembelajaran tidak monoton dan membosankan untuk anak usia dini. Dalam menciptakan pembelajaran yang baik guru dapat menggunakan media berbasis teknologi dalam pembelajaran. Saat ini, teknologi telah menyediakan beberapa layanan yang memungkinkan guru untuk memilih media berbasias teknologi yang dapat digunakan saat di kelas. Media teknologi yang dapat digunakan adalah aplikasi Dinkens AR, Choice Board, dan Video pembelajaran dengan animaker. Sebagai bentuk kepedulian prodi PGPAUD UPI Purwakarta terhadap kompetensi guru PAUD di Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan judul “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru PAUD”. Hal ini dimaksudkan agar guru-guru memiliki kemampuan menggunakan media pembelajsran berbasis teknologi dengan baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini dan sebagai upaya menghindari digital gap antara guru dengan peserta didik. 


Keywords


Media Teknologi, Kompetensi , Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334-345.

Clements, D., and J. Sarama. 2003. “Strip Mining for Gold: Research and Policy in Educational Technology – A Response to ‘Fool’s Gold’.” Educational Technology Review 11 (1): 7– 69.

Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).

Gimbert, B., & Cristol, D. (2004). Teaching curriculum with technology: Enhancing children's technological competence during early childhood. Early Childhood Education Journal, 31, 207-216.

Gordon. A. M & Browne. K. M (2011). Beginning and Beyond, Foundation in Early Childhood Education, 8th Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1).

Howard, J., G. Miles, and L. Rees-Davies. 2012. “Computer Use Within a Play-Based EarlyYears Curriculum.” International Journal of Early Years Education 20 (2): 175–189.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85-92.

Ihmeideh, F., & Al-Maadadi, F. (2018). Towards improving kindergarten teachers’ practices regarding the integration of ICT into early years settings. The Asia-Pacific Education Researcher, 27(1), 65-78.

ILO. (2004). Pedoman Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: ILO.

Khan, H., Jumani, N. B., & Gul, N. (2019). Implementation of 21st Century Skills in Higher Education of Pakistan. Global Regional Review, 4(3), 223-233.

Markovac, V., & Rogulja, N. (2009). Key ICT competences of kindergarten teachers. In 8th Special Focus Symposium on ICESKS: Information, Communication and Economic Sciences in the Knowledge Society (str. 72-77).

Zadar: The Faculty of Teacher Education, University of Zagreb and ENCSI. McCarrick, K., and X. Li. 2007. “Buried Treasure: The Impact of Computer Use on YoungChildren’s Social, Cognitive, Language Development and Motivation.” AACE Journal 15(1): 73–95

McKenney, S., and J. Voogt. 2012. “Teacher Design of Technology for Emergent Literacy: AnExplorative Feasibility Study.” Australasian Journal of Early Childhood 37 (1): 4–12.

Schriever, V. (2018). Digital technology in kindergarten: Challenges and opportunities. In Handbook of Research on Mobile Devices and Smart Gadgets in K-12 Education (pp. 57-76). IGI Global.

Setiasih. (2008). Kompetensi Pendidik PAUD. Bahan Ajar (Diklat tenaga Pendidik PAUD Non Formal tingkat dasar). Jakarta: Direktorat PTK PNF

Ditjen PMPTK DEPDIKNAS.

Trisoni. (2011). Pengembangan profesionalisme guru dalam mewujudkan kualitas pendidikan.

Ta’dib, 14 (2), hlm. 135-144. UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003

Windarto, A. P., Parlina, I., & Wanto, A. (2019, October). PKM: Guru-Guru PAUD “Melek” Teknologi Kabupaten Simalungun. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 337-343)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.291-300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.