OPTIMALISASI SKILL DAN KNOWLEDGE KADER POSYANDU DESA TORONGREJO

Lilis Setyowati, Ollyvia Freeska Dwi Marta, Nur Aini Mahfufa, Erma Wahyu

Abstract


Posyandu merupakan wadah masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam suatu wilayah. Program UKMB (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat) dimana kader Posyandu merupakan key person dalam program ini.   Mengurangi terjadinya kecacatan dan penurunan angka kematian merupakan tujuan dari program UKMB. Sehingga diharapkan improve skill dan pengetahuan bagi para kader Posyan sangat dibutuhkan.  

Desa Torongrejo – Junrejo memiliki 2 posyandu Lansia dan 4 posyandu Balita sesuai dengan batasan desa.   Hasil pendataan melalui observasi dan wawancara yang dilakukan oleh Tim pada bulan Februari 2021 diketahui bahwa para kader belum perna dilakukan pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama gawat darurat) dan penggunaan alat screening yang diberikan oleh Puskesmas. Selama ini kader selama ini saat menolong korban kecelakaan menggunakan teknik semampunya sesuai pengalaman masing-masing. Seperti kita ketahui jika dalam pemberian pertolongan pertama penolong melakukan kesalahan justru korban akan mengalami kecacatan hingga kematian. 

Hasil musyawarah dengan Mitra solusi yang diberikan Tim antara lain: 1. Kaderisasi pengurus Posyandu, 2.Pelatihan dan pendampingan penggunaan alkes untuk membantu Tim kesehatan dalam melakukan screening, PPGD (penanganan pada korban kecelakaan,  kena air panas, BLS, Choking untuk bayi dan dewasa), 3. Pelatihan pada kader dan anggota keluarga yang mempunya keluarga terkena stroke untuk melakukan ROM pasif dan active, self-management agar tidak terjadi kekambuhan berulang. Metode pendampingan dan pelatihan ini dilakukan di balai desa diwakili oelh 12 orang dari Posyandu Balita dan Lansia. Pelatihan dilakukan 2 hari  pada hari 1 dilakukan pelatihan tentang PPGD, sedangkan hari kedua edukasi pencegahan stunting pendekatan pada gizi dan pelatihan alkes. 


Keywords


self-management stroke, PPDG, ROM-active-passive, kader posyandu

Full Text:

PDF

References


Azizah, W. A. A., & Agustina, I. F. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Posyandu Di Kecamatan Sidoarjo Weni. 5(September), 229–244.

Khuluqo, I. El, & Tati Nuryati. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Cimuning. 02(1), 1–5.

Kosasih, C. E., Punthmatharith, B., & Boonyasopun, U. (2020). Family Support For Patients With Stroke: A Systematic Review. Journal Of Advanced Pharmacy Education And Research, 10(3), 47–56.

Ngurah, I. G. K. G., & Putra, I. G. S. (2019). Pengaruh Pelatihan Resusitasi Jantung Paru Terhadap Kesiapan Sekaa Teruna Teruni Dalam Memberikan Pertolongan Pada Kasus Kegawatdaruratan Henti Jantung. Jurnal Gema Keperawatan, 12(1), 12–22.

Palupi, L. M. (2020). Rom And Cimt Treatment Effects To Stroke Patients’s Upper Extremity Functional Ability. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 8(3), 223. Https://Doi.Org/10.21927/Jnki.2020.8(3).223-231

Salamah, N., & Sulistyani, N. (2018). Pelatihan Peran Serta Kader Posyandu Dalam Pemberian Edukasi Kepada Masyarakat. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 249. Https://Doi.Org/10.12928/Jp.V2i2.393

Susanto, F., Claramita, M., & Handayani, S. (2017). Peran Kader Posyandu Dalam Pemberdayaan Masyarakat Bintan Role Of Posyandu Cadres In Community Empowerment In Bintan. Journal Of Community Medicine And Public Health, 33–42.

Wahyuni, S., Mose, J. C., & Sabarudin, U. (2019). Pengaruh Pelatihan Kader Posyandu Dengan Modul Terintegrasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Keikutsertaan Kader Posyandu. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), 95–101. Https://Doi.Org/10.32536/Jrki.V3i2.60




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.82-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.