PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI PEDAYUNG PERAHU JOLLORO DI OBJEK WISATA RAMMANG-RAMMANG MAROS
Abstract
Kota Maros sebagai penyandang destinasi wisata karst terbesar ketiga di dunia dan berada di kawasan timur Indonesia dibanjiri oleh para wisman, sehingga para Pedayung Perahu Jolloro (perahu tradisional Sul-Sel) sebagai pelayan jasa transportasi perahu yang berada di sekitar destinasi wisata Rammang-Rammang memiliki pekerjaan yang menjanjikan. Namun masalah yang di hadapi berupa kompetensi manusianya menentukan kualitas layanan destinasi wisata Rammang-Rammang Hal itu tentu menjadi tantangan khususnya pada sektor pelayanan publik pada aspek komunikasi bahasa Inggris sebagai penyambung komunikasi antara Pedayung Perahu Jolloro dengan para wisman selama berada di lokasi wisata karena notabenenya sebagian besar wisman tidak menggunakan jasa pemandu (guide) sehingga diharapkan bagi para pedayung untuk mahir berbahasa inggris. Di samping tantangan yang ada, Berdasarkan persoalan yang berada di lapangan ini, lahirlah inisiatif berupa program pelatihan bahasa Inggris bagi Pedayung Perahu Jolloro. Luaran kegiatan ini adalah terbangunnya keterampilan berbahasa Inggris praktis dan motivasi untuk senantiasa belajar lewat booklet for Rammang-Rammang Boatman yang dihasilkan dengan memadukan metode interpersonal interaction dan pendekatan bermain peran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antara. 2019. Kawasan Pegunungan Kapur Rammang-Rammang Ramai Pengunjung. https://makassar.antaranews.com/berita/126977/kawasan-pegunungan-kapur-rammang- rammang-ramai-pengunjung
BPS Provinsi Sulsel. 2019. Didominasi Turis Asia, Kunjungan Wisata ke Sulsel Naik 5,72 persen.https://www.suara.com/lifestyle/2019/09/05/073512/didominasi-turis-asia- kunjungan-wisata-ke-sulsel-naik-572-persen
https://www.google.com/maps/place/Kampoeng+Karst+Rammang+Rammang/@
https://www.google.com/maps/dir/Unismuh+Makassar,+Jalan+Talasalapang,+Gunun
rst+Rammang+Rammang,+B ontonlempangan,+Maros+Regency,+South+Sulawesi/@
Kirkpatrick A. 2012. English as an International Language in Asia: Implication for Language Education. London. Springer
Kassim, H., & Ali F. 2010. English Communicative Events and Skills needed at the workplace: Feedback from industry. English for Specific Purposes, 29(3), 168-182
Saiful. 2014. The Application of Communicative Approach in Improving the Students’ Speaking Ability. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 333-346
Tempo.Kamis, 2016.Terobosan Makassar menuju Kota Dunia.https://nasional.tempo.co/read/766689/terobosan-makassar-menuju-kota- dunia/full&view=ok, tempo, kamis , 28 April 2016.
Holliday, A. 2013. Understanding intercultural communication: negotiating a grammar of culture. London. Oxford University Press.
Wutun, A. A., Arafah, B., & Yassi, A. H. Local Culture in English Language Teaching: Learners’ Perspectives.www.ijee.org
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.696-706
Refbacks
- There are currently no refbacks.