PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RPP BERBASIS TPACK DI SDN GADING KULON 2 KABUPATEN MALANG

Bahrul Ulum, Bustanol Arifin

Abstract


Kegiatan ini bertujuan meningkatkan keterampilan guru SDN Gadingkulon 2 dalam menyusun RPP 1 halaman berbasis TPACK. Kegiatan pendampingan penyusunan RPP berbasis TPACK menawarkan empat metoe pelaksanan  melalui kegiatan berikut: 1) Focus Group Discussion (FGD) , 2) Pelatihan penyusunan RPP berbasis TPACK. 3) Pendampingan penyusunan RPP berbasis TPACK, 4) Refleksi dan tindak lanjut. Pelaksanaan pendampingan penyusunan RPP berbasis TPACK ini dilaksanakan secara luring. Pelaksanaan luring didasarkan pada kebijakan pemeberlakuan kehidupan new normal setelah dibukanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ditengah kondisi pandemik covid 19 yang terjadi di Indonesia. Proses penyampaian materi pendampingan secara luring di awali dengan brainstorming. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang TPACK termasuk framework pengintegrasian teknologi, pedagogi dan konten (materi) beserta komponen-komponen TPACK Pada tahapan akhir Pengabdian dilakukan refleksi dengan mengevaluasi pelaksaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, meskipun secara keseluruhan pelaksanaan berjalan lancar.


Keywords


RPP, TPACK, New normal

Full Text:

PDF

References


Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge?. Contemporary Issues in Technologyand Teacher Education (CITE Journal). Vol 9(1). Hal: 60-70.

Koehler, M. J. , Punya Mishra, Mete Akcaoglu, Joshua M. Rosenberg. (2013). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework for Teachers and TeacherEducators. ICT integrated teacher education models (pp. 1-8). New Delhi, India: Commonwealth Educational Media Center For Asia

Koehler, M. J., P. Mishra, K., Kereluik, T. S. Shin., & C. R. Graham. (2014). TheTechnological Pedagogical Content Knowledge Framework. In J. M. Spector et al (Eds), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (pp.101-111). New York: Springer Science

Purwanti Widhy. Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA, Makalah Seminar Nasional MIPA UNY 2013.

Shulman, L & Gudmunsdottir, S.(1987). Pedagogical Content Knowledge in Social Studies. Scandinavian Journal of Educational Research. 31(2).5970.

Sutrisno., 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.

Utami, I P, Amelia, D J, Ulum, B 2020. Analisis Pelaksanaan MatakuliahPembelajaran pada Masa Pandemik Covid 19




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.162-168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.