PERANCANGAN SISTEM FILTRASI AIR SIAP MINUM BERBASIS TENAGA SURYA DI BINTANG ASIH

Faisal Lubis, Rimbawati Rimbawati, Rahmad Bahagia Siregar

Abstract


Bintang Asih merupakan dusun yang terletak di Desa Rumah Sumbul Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah penduduk 162 jiwa dalam 42 Kepala Keluarga yang termasuk daerah tertinggal. Hal ini disebabkan Topografi yang cukup ekstrim dengan ketinggian 380 m dpl, sehingga pemukiman tersebut tidak terjangkau oleh fasilitas penerangan listrik negara dan mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dan air minum. Seluruh warga harus rela mengorbankan waktunya untuk mengangkat air dari sungai yang berjarak ± 1,5 km dari pemukiman, sedangkan aktivitas MCK juga dilakukan di bantaran sungai tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan Tim PKM dengan masyarakat, diperoleh infomasi bahwa mereka menginginkan adanya teknologi yang dapat membantu kehidupan warga dalam memenuhi kebutuhan air minum. Hal tersebut yang menimbulkan gagasan pada tim untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi warga dengan menerapkan sistem filtrasi air siap minum berbasis tenaga surya. Setelah program dilaksanakan, teknologi tepat guna ini tidak hanya menghasilkan air siap minum, tetapi juga digunakan untuk mensuplai energi listrik pada masjid Ar Rohman pada malam hari.


Keywords


Energi Surya, filtrasi, RO

Full Text:

PDF

References


Nurul ismillayli;Laili Mardiana;Rina Kurnianingsih, Dhony hermanto, F. (2018). Penerapan Metode Filtrasi, Adsorpsi Dan Reverse Osmosis untuk Pengolahan Air Sungai menjadi Air Siap Minum. J.Pijar MIPA, XIII(1), 54–57.

Rimbawati;, Azis;, H. A., & Muharnif. (2019). Peningkatan Kapasitas Daya Listrik Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Bintang Asih Guna Memenuhi Kebutuhan Penerangan. JPKM (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UNIMED, 24(4), 909–917.

Rimbawati; Siregar, Z., Yusri, M., & Qamari, M. Al. (2021). Penerapan Pembangit Tenaga Surya Pada Objek Wisata Kampung Sawah Guna Mengurangi Biaya Pembelian Energi Listrik. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4, 145–151.

Rimbawati, Azis Hutasuhut1, A., & Chaniago, Y. (2018). Analysis of Hybrid Power Plant Technology Using Data Weather in North Sumatera. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.7), 481. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.7.27364

Said, N. I. (2009). Uji Kinerja Pengolahan Air Siap Minum Dengan Proses Biofiltrasi, Ultrafiltrasi Dan Reverse Osmosis (Ro) Dengan Air Baku Air Sungai. Jai, 5(2), 144–161.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.805-813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.