EDUKASI PENGGUNAAN ZAT-ZAT ADITIF PADA MAKANAN DAN MINUMAN BESERTA KAJIANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM DI PERUMAHAN GRIYA ASRI BEKASI

Elfia Siska Yasa Putri, Yusnidar Yusuf, Ristianti Azharita

Abstract


Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka  pada PKK RT 06 RW 23 Perumahan Griya Asri Taman Mini, Bekasi bertujuan untuk memberikan edukasi zat aditif pada makanan dan minuman serta peninjauan dari aspek Islami. Acara ini menggunakan metode virtual dengan pemaparan oleh narasumber tentang zat aditif makanan dan minuman, jenis-jenis zat aditif, penggolongan zat aditif, batas maksimal penggunaan zat aditif,serta penggunaan zat aditif ditinjau dari sisi Islami. Keantusiasan mitra terlihat pada sesi tanya jawab karena mereka tertarik dengan topik ini. Masyarakat yang tidak bisa mengikuti langsung acara ini makaa dapat menyaksikan acara ini melalui youtube. Adanya pengisian angket sebelum acara ini maka dapat diketahui bahwa mitra belum mengetahui zat aditif secara baik walaupun mereka menggunakannya sehari-hari. Dengan demikian, wawasan masyarakat diharapkan bertambah dengan adanya kegiatan ini sehingga dapat diaplikasikan dalam pengolahan makanan dan minuman baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Pengharapan yang lain adalah mitra dapat menginformasikan pengetahuan ini pada masyarakat luas.


Keywords


aditif, makanan, minuman,kajian Islami

Full Text:

PDF

References


Ar-Raji, A. A. (2020). Yuk mengenal makanan halal & haram (M. Albani (ed.)). Media Sholih. 978-602-0837-37-6

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tentang Bahan Tambahan Pangan, Pub. L. No. 11, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia 1 (2019).

https://standarpangan.pom.go.id/produk-standardisasi/peraturan

Organization, W. H. (2018). Food Additives. Newsroom. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/food-additives

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1118-1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.