STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRY DI DESA KARANGREJO MANYAR GRESIK
Abstract
Strategi pemasaran adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan pedoman mengenai kegiatan yang akan dijalankan supaya terwujudnya tujuan pemasaran pada setiap usaha. Hal ini dapat dilihat dari konsep dasar pemasaran yang meliputi kebutuhan, keinginan dan permintaan yang menjadi tuntutan dari semua konsumen. Pengetahuan tentang strategi pemasaran menjadi suatu keharusan yang dimiliki oleh setiap seseorang yang berwirausaha. Tujuannya ialah menciptakan produk yang dapat diterima oleh konsumen, menggunakan strategi pemasaran yang tepat sasaran serta dapat mengembangkan usaha kepada skala yang lebih besar. Pelaksaan dilakukan melalui 2 metode pendekatan yaitu memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya perempuan di desa Karangrejo yang memiliki usaha home industry mengenai manajemen dan konsep strategi pemasaran serta memberikan pendampingan pada pemasaran serta mempromosikan produk-produk usaha home industry. Adapun hasil yang diperoleh dalam kegiatan pelatihan strategi pemasaran home industry ialah peserta memahami pengetahuan tentang strategi pemasaran, peserta memiliki keterampilan dalam memasarkan suatu produk home industry serta bagaimana membuat produk yang saat ini dapat diterima dipasaran supaya produk mampu untuk bersaing dalam segi kualitas maupun pemasaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assauri, S. (2007). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Awaliyah, N. (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Syariah Makanan Khas Gunung Jati Terhadap Minat Beli Para Peziarah (Studi Kasus Home Industry M. Iqbal Komplek Sunan Gunung Jati Cirebon). In Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.
Lestari, D., Sukiyono, K., & Badrudin, R. (2015). Strategi Pengembangan Pemasaran Industri Rumah Tangga Raflesia di Desa Sumber Agung Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Agrisep, 15(2), 147–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31186/agrisep.14.2.147-158
Mursyid, M. (1997). Manajemen Pemasaran. PT. Bumi Aksara.
Priangani, A. (2013). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks Persaingan Global. Jurnal Kebangsaan, 2(4). https://www.neliti.com/publications/103775/memperkuat-manajemen-pemasaran-dalam-konteks-persaingan-global
Setiawan, V., & Hidayat, R. (2015). Pengaruh Metode Pelatihan Terhadap Kompetensi Karyawan NDT (Non Destructive Test) pada PT XYZ. Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 142–149. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaemb.v3i2.169
Sunarsih, L., & HMS, U. (2015). Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Pendidikan Ekonomi, 9(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3376https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3376
Sururi, A., Hasanah, B., Mulyasih, R., Firdausi, I. A., Hasuri, & Yuliani, H. (2020). Peningkatan Kapasitas Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Kelompok Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kawasan Pantai Utara Desa Domas Kabupaten Serang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 405. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.27286
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.847-853
Refbacks
- There are currently no refbacks.