MERINTIS TEMPAT LAYANAN TERAPI INFRAMERAH DENGAN DUKUNGAN ALAT CEK KESEHATAN DASAR DI DUSUN WANUJOYO LOR, PIYUNGAN

Meilia Safitri, Erika Loniza, Sotya Anggoro

Abstract


Wanujoyo Lor merupakan salah satu dusun dari 17 dusun yang berada di desa Srimartani yang terletak di bagian Timur Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Monografi dusun yang sebagian besar wilayahnya merupakan areal persawahan, lebih dari separuh mata pencaharian utama penduduk Dusun Wanujoyo Lor merupakan petani yang bekerja menggarap sawah atau ladang dari pagi hingga petang. Permasalahan yang dihadapi oleh warga di RT 01 Dusun Wanujoyo Lor kurangnya pemahaman masyarakat dalam hal menjaga dan memelihara kesehatan terutama dalam hal penanganan rasa nyeri, membuat mereka rutin mengkonsumsi obat-obatan di pasaran. Selain itu, kurangnya kesadaran terhadap pentingnya pemeriksaan rutin terhadap kesehatan pribadi seperti pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, serta berat badan. Padahal hal tersebut penting untuk dilakukan untuk mencegah bertambah parahnya suatu penyakit. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan penyuluhan guna meningkatkan pemahaman warga dalam hal menjaga dan memelihara kesehatan terutama dalam hal penanganan rasa nyeri, membuat mereka rutin mengkonsumsi obat-obatan di pasaran. Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran warga terhadap pentingnya pemeriksaan rutin terhadap kesehatan pribadi seperti pemeriksaan kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, serta berat badan guna mencegah bertambah parahnya suatu penyakit. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan lancar. Saat ini warga dusun Wanujoyo Lor RT 01 desa Srimartani telah memiliki tempat layanan terapi infra-merah yang dilengkapi dengan dukungan alat cek kesehatan yang dapat dengan mudah diakses oleh warga setempat.

Keywords


Alat Terapi; Infra-merah; spo2; cek kesehatan

Full Text:

PDF

References


Menteri kesehatan, “Berita Negara,” Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia., vol. Nomor 65, no. 879, pp. 2004–2006, 2015.

Herwati. Sartika, W. 2013. Terkontrolnya Tekanan Darah Penderita Hipertensi Berdasarkan Pola Diet Dan Kebiasaan Olah Raga di Padang Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 8 (1): 9-14.

Santoso & Ismail, A. 2009. Memahami Krisis Bagi Lansia. BPK Gunung Mulia, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i3.1004-1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.