APLIKASI KOLAM TERPAL BERTINGKAT UNTUK BUDIDAYA IKAN NILA PADA PEMUDA DESA TUNGGULO

Nurul Auliyah, Yulianti Adipu, Muh. Yasin U.P.O, Meriyanti Ngabito, Ida Astuti

Abstract


Kegiatan budidaya ikan yang dipahami oleh orang awam merupakan kegiatan yang memerlukan tempat yang luas, air yang banyak dan beberapa pendukung budidaya lainnya.  Kemudahan dalam melakukan kegiatan budidaya tersebut di dapatkan di Danau Limboto yang mewakili tempat yang luas dan air yang banyak. Namun kondisi Danau Limboto saat ini yang mengalami degradasi serta pendangkalan sehingga tidak memenuhi syarat standar untuk budidaya ikan. Sehingga harus dilakukan perubahan terhadap sistem budidaya ikan. Saat ini ada beberapa inovasi yang telah dikenal di dalam budidaya perikanan, diantaranya budidaya ikan sistem resirkulasi yang dapat dilakukan di lahan sempit dan budidaya ikan dengan sistem kolam terpal bertingkat. Perlakuan kolam terpal bertingkat dan tersirkulasi dalam satu kali pemanenan yaitu sebesar Rp.2.074.895. Keuntungan yang didapatkan membuka pengetahuan masyarakat untuk menggunakan budidaya alternatif menggunakan kolam terpal bertingkat selain kolam konvensional. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul aplikasi kolam terpal bertingkat untuk budidaya ikan Nila di Desa Tunggulo telah berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan kepada masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Mardikanto, Totok, dan Soebianto. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.

Monalisa dan Minggawati. 2010. Kualitas Air yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ikan Nila (Oreorchromis sp). Journal Tropicl of Fisheries.

Satria Nawa Wicaksana, Sri Hastuti dan Endang arini. Performa produksi Nila yang dipelihara dengan sistem biofilter Akuaponik Dan Konvensional. Journal of Aquaculture Management and Technology. Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 109-116

Sumodiningrat, G . 2003. Pemberdayaan Masyarakat. Gramedia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.563-568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.