PENGUATAN KOMPETENSI AGEN SOSIALISASI BANK SAMPAH SOLUSI HIJAU MELALUI SENI PUBLIC SPEAKING

Yani Hendrayani, Aniek Irawati, Sri Mulyantini

Abstract


Pengelolaan Bank sampah kini tidak saja untuk menciptakan kebersihan lingkungan, namun  bertransformasi dapat diandalkan dalam kegiatan ketahanan ekonomi bagi ibu ibu rmah tangga terutama di  masa pandemic Convid 19 ini. Perwujudan kesadaran sosial terhadap kebersihan lingkungan merupakan upaya yang dapat dicapai dengan  sebuah penyuluhan yang efektif agar mendapatkan pemahaman masyarakat yang optimal. Peranan Agen sosialisasi Bank Sampah sangat menentukan keberhasilannya jika didukung kemampuan berbicara atau public speaking sehingga berhasil secara persuasif memotivasi kesadaran diri atau Self Awareness. Pelaksanaan PKM ini dilakukan oleh tim dengan memberikan pembekalan  bagaimana membangun kepercayaan diri dan kemampuan berbicara yang efektif dalam keterampilan Public Speaking  dalam menyampakan kesadaraan pengelolaan Bank Sampah. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah menumbuhkan kepecayaan diri dan kemampuan seni berbicara yang persuasif bagi pengelola Bank Sampah sebagai Agen Sosialisasi.  Metode pelaksanaan pada program kemitraan masyarakat ini,  terdiri dari 3 fase yaitu  Fase Penyadaran, Fase Pengkapasitasan dan Fase Pendampingan. Adapun langkah-langkah kegiatan Pengabdian meliputi tiga rangkai kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi. Berdasarkan hasi evaluasi disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini cukup efektif dikarenakan  terdapat peningkatan kompetensi seni public speaking setelah mengikuti pembekalan.

Keywords


Agen Sosialisasi, Public Speaking, Pengelolaan Bank Sampah

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2020. Profil Bank Sampah Indonesia 2020. Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta.

Adha, K. (2016). Panduan Mudah Public Speaking. Yogyakarta: Komunika No.73 Tahun VII Januari 2006. Jakarta.

Compassion&Choices. (2017, 1 30). https://www.compassionandchoices.org/wpcontent/uploads/2016/02/Volunteer-Public-Speaking-Storytelling-Program-HandbookFINAL-1.30.17.pdf. Retrieved from https://www.compassionandchoices.org.

Putra, H. P dan Yebi, Y. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol. 2 No. 1.

Purba, H.D., Meidiana, C., dan Adrianto, D.W., 2014. Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-21

Singhirunnusorn, W., Donlakorn, K., dan Kaewhanin, W., 2012. Household Recycling Behaviours and Attitudes toward Waste Bank Project: Mahasarakham Municipality. Journal of Asia Behavioural Studies, 2(6):35-47.

Winarso, H., dan Larasati, A., 2011. Dari Sampah Menjadi Upah: Inovasi Pengolahan Sampah di Tingkat Akar Rumput Kasus Program Bank Sampah “Sendu” di Kelurahan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 18(1):43-59.

Webster, L. (2012). Introduction to Public Speaking (2nd Edition). New York: Fountainhead Pres




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.717-726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.