ECOBRICK : MEMINIMALISIR SAMPAH PLASTIK DAN MENINGKATKAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA MASYARAKAT DI NAGARI SUNGAI DURIAN KABUPATEN SOLOK

Romy Chandra Wijaya, Gusniza Novalia, Srifany Yulianti, Aulya Akbar, Ega Guspita, Ronaldo Putra, Erni Febrina Harahap

Abstract


Salah satu masalah utama yang dihadapi kota-kota di Indonesia adalah sampah. Sampah dapat dipahami sebagai hasil dari aktivitas manusia. Sampah terdiri dari 2 jenis yaitu sampah organic dan sampah non-organic, sapah organic ini seperti dedaunan kering, ranting, kulit buah-buahan dan lain sebagainya, maanfaat alami dari sampah organis ini dapat menjadi pupuk bagi tanaman lainnya sedangkan sampah non-orgnisk seperti pelastik merupakan permasalahan yang sangat besar sebab seperti yang kita ketahui bahwa plastik merupakan bahan yang memerlukan waktu sangat lama untuk terurai, disisilain plastik ini juga berdampak buruk bagi lingkungan seperti membuat kualitas tanah menurun membuat tanaman yang lain tidak tumbuh subur dan juga dapat membuat kualitas air sungai atau laut tercemar. Upaya mengelola sampah dengan metode ecobricks dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi limbah plastik dengan cara memanfaatkannya menjadi furnitur (kursi, meja), dinding, bahkan sebuah bangunan secara utuh. Oleh karena itu, metode ecobricks ini dapat mengurangi pencemaran plastik di lingkungan, tidak hanya itu metode ecobrik ini juga dapat dibentuk menjadi barang yang berniali guna dan menarik sehingga memiliki nilai ekonomis yang dapat diperjual belikan.


Keywords


Sampah, Ecobricks, pengelolaan, nilai guna.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Hafizul. (2016). proposal kreativitas mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Jakarta.

H. M. Asih dan S. Fitriani (2018). Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Produk Inovasi Ecobrick sedang disiapkan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Turki, Vol. 17, No. 2, hlm. 144-150

Juarsa, Badri (2015). Analisis Potensi dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten Solok. Jurnal Sains dan Teknologi Terapan adalah publikasi yang didedikasikan untuk studi sains dan teknologi terapan. V8.i4 Penelitian Sains dan Pendidikan Terapan (222-234)

E. F. Harahap, E. F. Harahap, E. F. Harahap (2012). Economic Empowerment of Communities to Achieve a Strong and Independent National Economy 3(2), 78-96, Journal of Management and Entrepreneurship.

Fathullah, A. A (2019). Ecobrick Solusi Sederhana Selamatkan Dunia.

Yahya Krisnawansyah, (2019). Pengelolaan Sampah di Kabupaten Solok: Partisipasi Masyarakat dalam Reuse, Reduce, dan Recycle.

Universitas Negeri Padang Jurnal Dialektika Publik - VOL. 3 NO. 2 (2019) | ISSN (Print) 2528-3332 | ISSN (Online) 2621-2218

https://www.kompasiana.com/agusfhatullah/ecobrick-solusi-sederhana-namun- efektif

https://sumbar.bps.go.id.

https://solokkab.bps.go.id.

https://solokkab.bps.go.id/publication/download.html

S. Susilawati, S. Susilawati, S. Susilawat (2019). Di Pasar Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, kinerja pelayanan pengelolaan sampah didasarkan pada pendapat para pedagang dan pengelola pasar. 58-69 dalam Jurnal Pembangunan Daerah dan Kota, Volume 15, Nomor 1, 2019.

Suyono. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat Dalam Konteks Kesehatan Lingkungan. EGC : Jakarta.

Dong Qing Zhang (2010). Status, kesulitan, dan tantangan pengelolaan sampah kota di Cina. Volume 91, Nomor 8 Jurnal Pengelolaan Lingkungan. 1623-1633 pada halaman 1623-1633. (online)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.743-748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.