BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN HAND SANITIZER DARI BAHAN SINTETIS DAN ALAMI DI KELURAHAN TELUK LERONG ILIR DAN SIDODADI KECAMATAN SAMARINDA ULU

Fitri Handayani, Triswanto Sentat, Nurul Fatimah

Abstract


Melonjaknya penyebaran virus SARS-CoV-2 mengakibatkan harga hand sanitizer di Kalimantan Timur melonjak tinggi bahkan terjadi kekosongan stok hand sanitizer di pasaran baik pertokoan maupun fasilitas kesehatan. Tujuan Bimbingan Teknis (BimTek) pembuatan hand sanitizer dari bahan sintetis dan alami adalah peningkatan masyarakat mandiri yang inovatif dan kreatif di tengah masa pandemi Covid-19 hingga menuju kehidupan New Normal dalam menyikapi harga yang melonjak tinggi dan kekosongan stok hand sanitizer. Metode pelaksanaan bimbingan teknis ini dilakukan dengan penyampaian materi dan diskusi kepada peserta tentang definisi hand sanitizer, alat yang digunakan, komposisi bahan sintetis dan alami, cara pembuatan hand sanitizer berbahan sintetis dan alami, pengemasan dan  estimasi biaya yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Hasil dari kegiatan BimTek ini menunjukkan bahwa peserta perwakilan dari Kelurahan Teluk Lerong dan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu dalam Kegiatan BimTek dapat membuat hand sanitizer dari bahan sintetis dan alami dengan baik dan benar sesuai standar WHO dan penelitian sebelumnya yang sudah terpublikasi dalam jurnal ilmiah. 


Keywords


hand sanitizer, sintetis, alami, bimbingan teknis

Full Text:

PDF

References


Biro Humas Provinsi Kalimantan Timur. (2020). Bersama Melawan Covid-19. https://kaltimprov.go.id/berita/bersama-melawan-covid-19. Diakses pada tanggal 1 Juli 2020.

Desiyanto, F.A dan Djannah, S.N. 2013. Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesmas. Vol. 7 No. 2.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. (2020). Press Release 75 May 31 th 2020 Covid-19. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Fatimah, C. dan Ardiani, R. 2018. Pembuatan Hand Sanitizer (Pembersih Tangan Tanpa Air) Menggunakan Antiseptik Bahan Alami. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2018. Vol. 1 No. 1.

Hapsari D.N., Hendrarini, L., Muryani, S. 2015. Manfaat Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn.) Sebagai Hand Sanitizer Untuk Menurunkan Angka Kuman Tangan. Jurnal Kesehatan Lingkungan. Vol. 7 No. 2.

Sari, R. dan Isadiartuti, D. 2006. Studi Efektivitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan Ekstrak Daun Sirih (Piper betle Linn.). Majalah Farmasi Indonesia. Vol. 17 No. 4.

Situmeang, S.M.F dan Sembiring TJ. 2019. Efektivitas Handsanitizer Dalam Membunuh Kuman Di Tangan. Jurnal AnLabMed. Vol. 1 No. 1.

WHO. 2010. Guide to Local Production : WHO-Recommended Handrub Formulations. World Health Organitation.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i1.241-245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.