PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH BUAH SALAK (Salacca edulis var sumatrana) DI DESA AEK NABARA

Elda Sari Siregar, Samsinar Harahap, Eka Nurwani Ritonga

Abstract


Program kemitraan masyarakat berupa pembuatan pupuk organik dengan pemanfaatan limbah buah salak (Salacca edulis var Sumatrana) dilaksanakan di Desa Aek Nabara Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Kelompok Tani Martunas perlu mendapat bantuan pendampingan karena keterbatasan pengetahuan tentang pemanfaatan dan pengolahan limbah dari sumber daya alam lokal, khususnya limbah buah salak dimana limbah tersebut diolah menjadi pupuk organic cair. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagaimana proses pembuatan pupuk organic cair dan mendorong serta menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah limbah salak yang tidak dimanfaatkan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan tentang potensi limbah salak yang tidak dimanfaatkan serta pelatihan pembuatan pupuk limbah buah salak. Hasil dari kegiatan ini, diperoleh bahwa kelompok tani mempunyai ketertarikan dalam hal membuat pupuk organik cair dari limbah salak untuk kegiatan usaha taninya, sehingga dapat memberikan tambahan kebutuhan sehari-hari mereka. Dari kegiatan ini juga membuat kegiatan pelatihan dan fasilitas menjadi lebih dinamis, mereka lebih aktif mempelajari proses pembuatan pupuk organik cair agar bisa mereka terapkan dalam usaha tani mereka.


Keywords


Pupuk Organik, Limbah Salak

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik [BPS]. 2016.Statistik Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan

Musnamar, E. I. 2003. Pupuk Organik Padat: Pembuatan dan Aplikasinya.Jakarta: Penebar Swadaya.

Rahmah, A., Izzati, M., Parman, S. 2014. Pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar limbah sawi putih (Brassica chinensis L.) terhadap pertumbuhan tanaman jagung manis (Zea mays L. var.Saccharata).Buletin Anatomi dan Fisiologi Universitas Diponegoro22(1): 65-71.

Simanungkalit.2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.691-695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.