PENGEMBANGAN POTENSI BUAH KECOMBRANG (Etlingera elatior) MENJADI “SIALA JELLY” DI DESA SIMATOHIR

Yusnita Wahyuni Silitonga, Rafiqah Amanda, Muhammad Nizar Hanafiah Nasution, Amir Mahmud, Irmalia Fitri

Abstract


Kecombrang merupakan jenis tanaman semak yang banyak ditemukan di kebun masyarakat desa Simatohir. Di desa Simatohir bunga kecombrang sudah pernah diolah menjadi olahan pangan seperti Stick kecombrang, tapi buahnya belum termanfaatkan secara maksimal. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecombrang memiliki banyak khasiat khususnya dalam mencegah dan mengobati beragam penyakit sehingga kecombrang dapat dijadikan sebagai pangan fungsional. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi buah kecombrang (Etlingera elatior) dengan pemanfaatannya menjadi olahan pangan (siala jelly) sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah setempat, uji pendahuluan pembuatan olahan kecombrang, Sosialisasi dan pendampingan pengolahan kecombrang. Kegiatan sosialisasi pembuatan siala jelly kepada masyarakat desa Simatohir berjalan dengan lancar dilihat dari antusias peserta dalam menyimak materi dan mengajukan beberapa pertanyaan. Hasil kuisoner yang diberikan kepada peserta menunjukkan bahwa semua peserta menyukai rasa siala jelly.


Keywords


Kecombrang, Pangan Fungsional, Desa Simatohir

Full Text:

PDF

References


Hudaya, A, 2010. Uji Antioksidan dan Antibakteri Ekstrak Air Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior) sebagai Pangan Fungsional terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. [Skripsi]. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Naufalin, R. 2005. Kajian Sifat Antimikroba Bunga Kecombrang terhadap Berbagai Mikroba Patogen dan Perusak Pangan. [Disertasi]. Bogor. Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i1.333-340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.