MEMBANGUN INDONESIA EMAS MELALUI GENERASI Z SEHAT MENTAL STRATEGI MEMBENTUK SUMBER DAYA MANUSIA TANGGUH

Rizal Indra Tjahya, Eva Fauziana, Rini Ardista, Octa Nilam Lukkita Aga, Atika Rahmi, WD Alamsyah, Yosi Irawati

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat  ini memaparkan peran penting generasi Z sebagai motor penggerak utama dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Dengan bonus demografi yang menjadikan Gen Z sebagai generasi produktif utama, kesehatan mental menjadi fondasi krusial dalam membentuk sumber daya manusia yang tangguh, inovatif, dan kompetitif. Kegiatan mengeksplorasi berbagai strategi untuk meningkatkan kesehatan mental Gen Z, mulai dari pendidikan yang inklusif, lingkungan sosial yang mendukung, hingga kebijakan pemerintah yang proaktif dalam menyediakan akses terhadap layanan kesehatan mental. Dengan membangun mental yang sehat, Gen Z diharapkan mampu menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara signifikan terhadap pembangunan nasional, menuju Indonesia yang lebih sejahtera dan berdaya saing di tingkat internasional. Membentuk Sumber Daya Manusia yang tangguh di 2045 membutuhkan generasi yang sehat baik fisik maupun mental, sehingga mampu berkontribusi terhadap pembangunan negara ini. Dihadiri oleh 100 siswa-siswi SMA Taman Harapan 2 Bekasi Utara, Kuliah Kerja Nyata Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi lewat seminar motivasi dan pengembangan diri serta permainan edukatif, diharapkan dapat meningkatkan pentingnya kesadaran kesehatan mental dan motivasi berprestasi.


Keywords


Motivasi Berprestasi; Kesadaran Kesehatan Mental

Full Text:

PDF

References


Akbar, B. M. B., Prawesti, D. R. D., & Perbani, W. S. A. (2024). Big Picture Mental Health of Generation Z in The World. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.58545/jkki.v4i1.223

Cahyani, D. F., & Putri, N. S. (2024). Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling DAMPAK KECEMASAN BERLEBIH TERHADAP PSIKOLOGIS GEN Z (USIA REMAJA). Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 3(3), 82–94. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325

Efimov, I., Harth, V., & Mache, S. (2024). “That was one of my most difficult and biggest challenges”: experiences, preconditions and preventive measures of health-oriented leadership in virtual teams – A qualitative study with virtual leaders. BMC Public Health, 24(1), 1–29. https://doi.org/10.1186/s12889-024-18800-7

Fauziana, E., Rahmi, A., Supendi, E., & Hamluddin, H. (2023). SEMINAR KESADARAN KESEHATAN MENTAL BAGI. 6, 766–773.

Fiati, A., Adinugraha, H. H., & Shulthoni, M. (2024). Students ’ Knowledge of Mental Health Literacy as a Prevention of Mental Health Problems. 1(February), 49–56.

Fithriyah, M., Aryanto, S. J., & Maghfiroh, L. (2021). Pengaruh Media Tematik Berbasis Flip Booklet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II di MI Falakhiyah Glagah Lamongan. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Fitri, H., Hariyono, D. S., & Arpandy, G. A. (2024). Pengaruh Self-Esteem Terhadap Fear Of Missing Out (Fomo) pada Generasi Z Pengguna Media Sosial. Jurnal Psikologi, 1(4), 21. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2823

Jaya, U. A., Yulianti, E., Wiyata, M. T., Wijaya, Z. R., Hodijah, C., Yuda, M. S., Rahayu, H. S., & Raspati, G. (2024). Kesehatan Mental Dan Anti Bullying Di Kalangan. 5(1), 113–123.

Kukuh, Ulfah, M., Nur, D., Yunita, P., Apriliana, A., Ramadhanti, G., Basara, S., & Studi Kesehatan Masyarakat, P. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat “Mental Health Among Gen-Z Anak Muda Si Paling Gampang Stres.” Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 10(02), 1–17.

Lintang, D., & Ainun, R. (2024). Peran Pendidikan Dan Kesehatan Mental Terhadap Aktualisasi Sumber Daya Manusia (Sdm) Yang Unggul. Jurnal Al Ashriyyah, 10(1), 51–60. https://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/view/178

Menon, S., & Suresh, M. (2021). Factors influencing organizational agility in higher education. Benchmarking, 28(1), 307–332. https://doi.org/10.1108/BIJ-04-2020-0151

Mursiyah, U., Zachroh, S., & Baharuddin. (2022). Dampak Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Komunitas Sosial di Era Digital. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1), 1–12.

Nathaniel Halim, T., Widiutomo, N., Martha, J., Manik, T., Nagoya, R., & Ronald A. Simanjuntak, M. (2024). Strategi Multiplikasi Kepemimpinan Transformasional untuk Menjangkau Generasi Z pada Era Disrupsi Digital Pasca Covid-19 di Indonesia. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 173–185. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i1.1338

Nugraha, A. F., Nasichah, N., Sholeh, F., & ... (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja Masjid Di Bintaro. … Nutricia: Jurnal …, 1(5), 21–30. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644

Nursyamsi, S. E. (2024). The Role of Using TikTok In Generation Z Literature Riview. 1(2), 145–148.

Prabowo, A., Pohan, Y. A., Adam, A. A., & ... (2024). Transformasi Era Digitalisasi Dalam Membentuk Jiwa Leadership Pada Gen-Z Dan Millenial. Kolaborasi: Jurnal …, 2(2), 1–12. https://journal.arimsi.or.id/index.php/Kolaborasi/article/view/110%0Ahttps://journal.arimsi.or.id/index.php/Kolaborasi/article/download/110/175

Prasetyo, R. H., Asbari, M., & Putri, S. A. (2024). Mendidik Generasi Z: Tantangan dan Strategi di Era Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 10–13. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/743

Putro, G. M. H., Imawan, A., Bait, J. F., & ... (2024). Peningkatan Literasi Keuangan pada Gen Z untuk Menuju Indonesia Emas 2045 pada Seluruh Sekolah SMA/SMK/MA di Kabupaten Lamongan. Jurnal Pengabdian …, 5(3), 2961–2965. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/3191%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/3191/2431

Sabila, N., Awfa Ziha, H., Maghfiroh, A., Rahmadani, I., Kota Banjarbaru, M., Mistar Cokrokusumo Bangkal, J., & Selatan, K. (2024). Pendekatan Agama Islam Dalam Menanggulangi Cyberbullying Pada Generasi Z Di Man Kota Banjarbaru Islamic Religious Approaches in Overcoming Cyberbullying in Generation Z in Man Kota Banjarbaru. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 19(1), 113–124.

Sari1, C. M. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial PERAN TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK-ANAK DI DESA ANDONOSARI. 2(12), 2024–2051.

Shofiyani, A., Aisa, A., Nisa, K., Ahlis, M., Lubab, I., Khotimah, K., & Hajiroh, Y. N. (2023). Meningkatkan Kekreatifan dan Membangkitkan Minat Belajar Peserta Didik dengan Lomba Cerdas Cermat di Desa Sidomulyo. 4(1).

Yuhanas, U. S., & Subroto, D. E. (2024). Kesehatan Mental dan Kesejahteraan pada Remaja Sekolah Menengah Atas di Indonesia (Tinjauan Literature). Journal of …. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/view/314%0Ahttps://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/download/314/277

https://www.kompas.id/baca/riset/2021/10/13/pandemi-mengancam-kesehatan-mental-anak

https://nafas.co.id/blog/Apakah-ada-hubungan-antara-polusi-PM2-5-dan-depresi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2941-2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.