GREEN SCHOOL: PEMBERDAYAAN ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PKBM LASKAR PELANGI MENUJU EKONOMI MANDIRI DALAM DUNIA KERJA INKLUSIF

Aristo Hardinata, Mufti Sudibyo, Widia Ningsih, Suci Rahmawati, Halim Simatupang

Abstract


Program Green School yang diterapkan Tim PKM melalui PKBM Laskar Pelangi bertujuan untuk memberdayakan anak-anak putus sekolah melalui pendidikan lingkungan hidup dan pelatihan keterampilan berbasis pertanian berkelanjutan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif dan berbasis pemberdayaan masyarakat, melalui tahapan persiapan, edukasi, pelatihan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui perbandingan nilai pretes dan postes untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pertanian berkelanjutan dan produk POC siap pakai. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dari 37% menjadi 86%. Metode pembelajaran yang fleksibel, kontekstual, dan berbasis praktik terbukti efektif meningkatkan keterlibatan, kepercayaan diri, dan kesadaran ekologis peserta. Program ini tidak hanya memperkuat aspek ekonomi melalui pelatihan keterampilan, tetapi juga mendorong keadilan sosial dengan memberikan akses pendidikan nonformal yang inklusif, mendukung kelestarian lingkungan serta sustainable development.


Keywords


green school, pertanian berkelanjutan, ekonomi mandiri, sustainable development.

Full Text:

PDF

References


Adinda K, L. (2025). Rumah belajar sebagai solusi anak terlantar yang putus sekolah. Journal inovatif and education. 3(1): 67- 71.

Andreyani, R. (2022). Pemanfaatan Greenhouse Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Untuk Budidaya Tanaman Di Lingkungan Sekolah SMA Yadika 8 Jatimulya. J. Ilm. Penelit. Dan Kependidikan, 6(4):45-52.

BPS. (2024). Data Anak Putus Sekolah di Indonesia. BPS

Diliarosta, S. and A Hardinata. (2019). The effects of agricultural extension for improvement environmental behavior by vegetable farmers in Padang city. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. 3(1): 1-6.

Masruroh, N, dkk (2022). Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Berkelanjutan. Jejak Pustaka: Yogyakarta.

Nugraha, R, dkk (2024). Green Economy (Teori, Konsep, Gagasan Penerapan Perekonomian Hijau Berbagai Bidang di Masa Depan). Sonpedia:Jambi.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Rahim, F,R. Arief, M. Aristo, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bertemakan Lingkungan Berbasis Research Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa. OSF. 2(1). 25-33.

Setiawan, N. (2023). Pemanfaatan bahan ajar dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1),85–104.

Suwandi, A., & Samri, Y. (2022). Peran LAZISMU (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah) dalam Mengentaskan Kemiskinan Masyarakat Kota Medan. Mazawa. 3(2):15-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2847-2852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.