DIGITAL SELLING SKILL PADA PEDAGANG BUNGA DI PASAR BUNGA TENGGILIS MEJOYO SURABAYA

Hendro Margono, Rahma Sugihartati, Imam Yuadi, Koko Srimulyo, Ragil Tri Atmi, Kania Dama Putri, Vofiyah Maulidah, Elvetta Vivia Adriyanti

Abstract


Pedagang bunga di Pasar Tenggilis Mejoyo, Surabaya, mengalami penurunan penjualan akibat ketatnya persaingan, terutama dengan pedagang yang telah memanfaatkan media digital. Sebagian besar pedagang masih menggunakan metode penjualan konvensional dan belum optimal dalam menggunakan platform digital untuk meningkatkan penjualan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pedagang bunga di pasar tersebut dalam menggunakan media digital sebagai sarana penjualan. Kegiatan pengabdian ini meliputi sosialisasi penggunaan media sosial, pendampingan strategi penjualan digital, serta monitoring dan evaluasi hasil pelatihan. Dari 17 pedagang, hanya 9 yang berhasil mendapatkan sosialisasi, dengan sebagian besar masih enggan beralih ke metode digital karena kekhawatiran terhadap keamanan bertransaksi online. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan keterampilan digital selling bagi sebagian pedagang, meskipun tantangan dalam partisipasi pedagang masih cukup besar.


Keywords


digital selling; pedagang bunga; pasar Tenggilis Mejoyo

Full Text:

PDF

References


Agus Wantoro, Slamet Samsugi, & Muhammad Joko Suharyanto. (2021). Sistem Monitoring Perawatan dan Perbaikan Fasilitas PT PLN (Studi Kasus : Kota Metro Lampung). Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 116–130.

Basuki, C., Kurniawan, A., & Purnomo, L. (2023). Peningkatan Pemahaman dan Keterampilan Bisnis pada KATAR MARSEL melalui Pelatihan Business Model, Selling Skills, dan Literasi Keuangan. Jurnal Komunitas: Jurnal …, 6(1), 1–9. https://www.researchgate.net/profile/Carola-Basuki/publication/373043771_Peningkatan_Pemahaman_dan_Keterampilan_Bisnis_pada_KATAR_MARSEL_melalui_Pelatihan_Business_Model_Selling_Skills_dan_Literasi_Keuangan/links/64d53282c80b930269046d84/Peningkatan-Pemah

Hanelunu, Z., Sunaryati, R., & Pisi, B. A. (2022). Strategi Pemasaran Tanaman Hias Pada Cv. Dian Purnama Di Kota Palangka Raya. Journal Socio Economics Agricultural, 17(2), 117–129. https://doi.org/10.52850/jsea.v17i2.7526

Hermansyah, D., Setiyoko, N., Diptyana, P., & Herlina, E. (2023). ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat STRATEGI BISNIS MELALUI PENGEMBANGAN WEBSITE DAN INSTAGRAM DI BUSINESS STRATEGIES THROUGH DEVELOPMENT OF WEBSITE AND ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 3(2), 282–288.

Parasari, N. S. M., Suputra, I. M. G., Anggreswari, N. P. Y., & Pidada, I. A. I. (2023). Upaya Peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pitra Tabanan Melalui Sosialisasi Edukasi Pemasaran Digital. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 837–845. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i2.5371

Peraturan Daerah Kota Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum Dan Ketentraman Masyarakat. (2014). https://jdih.surabaya.go.id/peraturan/31

Pertiwi, D. I., Nurbaiti, N., & Dharma, B. (2024). Strategi Pedagang Tradisional Pakaian Fashion Muslim dalam Menghadapi Transformasi Digital Bisnis. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(3), 282–293. https://doi.org/10.37329/ganaya.v7i3.3436

Putra, J. M. (2022). DAMPAK RELOKASI TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI PEDAGANG PASAR BUNGA TENGGILIS MEJOYO SURABAYA. Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur.

Putri, A. A., Samrotulaeni, A. L. J., & Diki. (2024). Analisis Prospek Budidaya Tanaman Hias Sebagai Ekonomi Alternatif Pasca Pandemi Covid-19 Di Pulau Jawa ( Surabaya , Bekasi. April, 731–746.

Rajagukguk, T. S. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat ( PENGAMAS ) Community Digitization Service : Improving Community Digital Skills Through Computer and Internet Training ( At MSMEs in Tuktuk Siadong Village , Samosir Pengabdian Mendigitalkan Desa : Meningkatkan Keterampilan D. JurnalPengabdianMasyarakat(PENGAMAS), 1(1), 212–228.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2803-2812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.