PELATIHAN TERINTEGRASI BAGI GURU MAN 2 KOTA TIDORE DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN LINTAS MAPEL BERBASIS NILAI KEISLAMAN, PEDAGOGI HOLISTIK, KONSELING ISLAMI, DAN LITERASI NUMERASI

Adiyana Adam, Yani Djawa, Suryani Hi.Umar, Nursin Sapil, Santi M. J. Wahid, Haryati Haryati, Amran Eku, Ibrahim Muhammad

Abstract


Pelatihan terintegrasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas profesional guru MAN 2 Kota Tidore dalam mengembangkan pembelajaran lintas mata pelajaran yang berbasis nilai keislaman, pendekatan pedagogi holistik, konseling Islami, dan literasi numerasi. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan Participatory Action and Research (PAR) melalui tahapan identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan pelatihan, refleksi, dan tindak lanjut. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan aspek spiritual, emosional, dan logis secara kontekstual. Guru juga mulai membentuk komunitas praktisi sebagai wadah kolaborasi dan pertukaran praktik baik. Evaluasi kualitatif melalui observasi, refleksi, dan diskusi menunjukkan bahwa pelatihan ini berdampak positif terhadap kesiapan guru dalam menghadapi tuntutan Kurikulum Merdeka. Rekomendasi dari kegiatan ini mencakup replikasi model pelatihan, pendampingan berkelanjutan, serta dokumentasi praktik baik sebagai bagian dari transformasi pendidikan Islam yang integratif dan kontekstual.


Keywords


pembelajaran lintas mapel, nilai keislaman, pedagogi holistik, konseling Islami

Full Text:

PDF

References


Adam, A., Ruray, T. A., Noho, M., Aksan, S. M., Said, A. M., Eku, A., & Jaohar, Y. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS DIGITAL. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(4), 1729-1738.

Al-Attas, S. M. N. (2011). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. ISTAC.

Aziz, A., & Hamid, A. (2022). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi Berbasis Nilai Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.21093/jpi.10.1.2022.45-58

Baum, F., MacDougall, C., & Smith, D. (2006). Participatory action research. Journal of Epidemiology and Community Health, 60(10), 854–857. https://doi.org/10.1136/jech.2004.028662

Forbes, S. H. (2013). Holistic Education: An Analysis of Its Ideas and Nature. Foundation for Educational Renewal.

Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila dan Implikasi terhadap Praktik Pembelajaran. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Springer.

Kretzmann, J. P., & McKnight, J. L. (2016). Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. ACTA Publications.

Majid, A., & Rochman, C. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Mathie, A., & Cunningham, G. (2020). From Clients to Citizens: Communities Changing the Course of Their Own Development. Practical Action Publishing.

McNiff, J. (2016). You and Your Action Research Project. Routledge.

Minabari, K. H., & Adam, A. (2024). MEMBANGUN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI POJOK BACA MASYARAKAT DI (MIS) AL-MA'ARIF DESA BOBISINGO KECAMATAN GALELA UTARA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(9), 3625-3634.

Muhaimin. (2017). Rekonstruksi Pendidikan Islam. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran. Bumi Aksara.

Noho, M., Adam, A., Usia, R., Yoioga, T., Bambang, S., & Masuku, M. (2024). Analysis of the Effectiveness of the Independent Curriculum in Increasing Learning Independence: A Comparative Study Between High School and Basic Education Levels. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2), 137-144.

Permatasari, D., Fatmona, H., Yusri, N., Idrus, A. N., Nurlatu, S., Marasabessy, Z. A., & Adam, A. (2024). PELATIHAN BASIC TRAINING MENDELEY: MENINGKATKAN KETERAMPILAN REFERENSI DANKOMPETENSI PENULISAN AKADEMIK MAHASISWA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(10), 3830-3835.

Russell, C., & Moore, H. (2021). Reclaiming Community: An Asset-Based Approach to Thriving Together. Abingdon Press.

Suyadi. (2020). Revolusi Pendidikan Islam di Era Disrupsi: Studi Teoretis terhadap Transformasi Guru dan Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Umasugi, D. A. C. P., Yakub, F., Lua, S. V., Sjafi, N., Bakar, S. I., Marasabessy, Z. A., & Adam, A. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN REMAJA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(10), 3824-3829.

Yusuf, S. (2019). Konseling Islami: Pendekatan Spiritual dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Religi, 10(2), 65–74. https://doi.org/10.21043/konseling.v10i2.2019

Zuber-Skerritt, O. (2018). Professional Development in Higher Education: A Theoretical Framework for Action Research. Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2740-2750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.