IMPLEMENTASI GAMES AND SONGS SEBAGAI STRATEGI PENGENALAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR (SEKOLAH DASAR)

Germana Oreng Ritan

Abstract


Pembelajaran bahasa Inggris untuk usia anak- anak harus didasarkan pada penirauan dan bersenang-senang, bukan fokus pada  konsep dan tujuan dari pembelajaran tersebut. Agar  proses pembelajaran  lebih menarik  dan  menyenangkan, dibutuhkan strategi,  metode, media dan juga pendekatan yang tepat. sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.  Dalam kegiatan ini tim  PKM  menggunakan  metode  games dan songs dan beberapa  media seperti  audiovisual.  Lagu yang digunakan dalam kegiatan tersebut sangat relevan dengan penggunaan media audiovisual.Hal  ini  dapat  mendukung  proses pembelajaran  siswa  untuk meningkatkan  pelafalan kosa  kata  dan  ungkapan  bahasa Inggris (Ratnawati  & Anggreini, 2021). Metode ini merupakan metode  yang sangat mudah, sederhana dan menyenangkan. Ada beberapa hal prinsip yang harus diperhatikan agar hasil belajar bahasa anak- anak dapat tercapai dengan maksimal.


Keywords


Penbelajaran Anak-Anak, Metode Belajar Menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Bolgar, R,R. 1998. Teaching Methods. England: Encyclopedia Compact Disk

Brewster, J., Ellis, G., Girard, D. 2002. The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.

Brown, D. 2000. Teaching by Principles.

Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Learner. Cambridge: CUP.

Ellis, R. 1994. Second Language Acquisition. Oxford: OUP.

Scott, W., and L, Ytreberg. 1990. Teaching English to Children. London:

Longman.

Degeng, I.N.S. 2008a Pedoman Penyusunan Metode ajar. Teknologi Pembelajaran P.P.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Degeng, I.N.S. 2008b Pengembangan Modul Pembelajaran. Teknologi Pembelajaran P.P.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Freeman Diane Larsen. 1985. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxfrod : Oxford Unifersity Press.

Grellet, F. 1992. Developing Reading Skills A Practical Guide to Reading Comprehension. Combridge : Combridge University Prees.

Grondund, N.E. 1985. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

https://www.amazon.com/Polydron-Kids-Giant-Ship-Builder/dp/B00BN1NVTM downloaded on 2.20 Pm on July, 13rd , 2024

Hillerich, L.R. 1987. The Principal’s Guide to Improving Reading Instruction. USA: Bowling Green State University.

Hornby, AS. 1995. Oxford Advanced Learners Dictionary.International New Children Edition. Oxford : Oxford Unifersity Press.

Kuswana, Wowo Sunaryo.2014.Taksonomi Kognitif.Perkembangan Ragam Berfikir.Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. 2012 .Paradigma Baru Pembelajaran. 2012 :Kencana Media Perdana Group. Jakarta

Taksonomi dan Tujuan Instruksional, Tim Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P3) LLDIKTI VII Jawa Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2584-2589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.