PEMBERDAYAAN UMKM ROTI MELALUI PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL DAN KEWIRAUSAHAAN

Muhammad Daffa Haykal, Shafiera Lazuarni

Abstract


Kota Palembang mengalami perubahan yang cukup signifikan dalam hal teknologi khususnya di bidang pemasaran dan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Salah satu yang terdampak perubahan adalah Lorong Sukamaju yang berlokasi di Plaju. Walaupun teknologi dan ilmu pemasaran semakin maju, masih banyak dari warga Lorong Sukamaju yang memiliki usaha namun belum dapat menggunakan teknologi dan ilmu pemasaran dalam memgembangkan usahanya. Hal tersebut membuat usaha mereka tidak mampu untuk berkembang. Agar mendapatkan hasil yang sesuai, metode yang digunakan yaitu kualitatif seperti penyuluhan dan edukasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha mereka dan mampu berkembang di era digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM Lorong Sukamaju meningkatnya pengetahuan pemasaran, meningkatnya kemampuan dalam memproduksi roti berkualitas, meningkatnya branding produk roti agar lebih dikenal masyarakat, terciptanya hubungan yang lebih erat antara sesama pelaku UMKM di Lorong Sukamaju, dan meningkatnya kesadaran yang lebih tinggi mengenai standar kebersihan tempat produksi makanan serta bahan-bahan berbahaya untuk roti.


Keywords


Pemasaran digital; UMKM; kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Aurinawati, H. F. dan derista. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia Volume, 03, 409–418.

Gunawan, A. A. P. D., Novel, N. J. A., & Budiyanti, S. A. (2023). Strategi Influencer Marketing Pada Rahsa Nusantara Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 725. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.869

Hermawan, F., Detra, A. E., Eldrian, A. F., Ekonomi Dan Bisnis, F., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Pengaruh Media Digital Sebagai Sarana Promosi Dan Transaksi Bagi Pelaku UMKM Makanan Dan Minuman Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 493–505. https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.797

Khairunnisa, C. M. (2022). Pemasaran Digital sebagai Strategi Pemasaran: Conceptual Paper. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 98. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.109

Lamazi. (2020). Pengaruh UMKM terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Selatan. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 3, 103–108.

Lazuarni, S., Asharie, A., & Rahmawaty, P. (2024). Pengembangan kemandirian digital melalui workshop digital marketing bagi generasi Z. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(2), 278–287. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i2.21773

Othman, Z., Abu, N. H., Shafie, S., Zaman, N. B. K., Alias, E. F., & Yahaya, W. A. J. W. (2022). Challenges of Social Media Marketing in Digital Technology: A Case of Small Traders of Agricultural Products in Malaysia. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 28(3), 312–319. https://doi.org/10.37934/araset.28.3.312319

Pamungkas. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM POKDARWIS Pasca Pandemi COVID -19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bantenese, 9(2), 184. https://doi.org/10.30998/jabe.v9i2.13703

Pratama, I. A. A. I. and I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(February), 1–9.

Rahmat, R. D., Tripermata, L., & Mutaqin, Z. (2024). PEMBERDAYAAN EKONOMI LOKAL MELALUI PRODUKSI KERIPIK NANAS DI DESA ALAI OLEH MAHASISWA KKN-T. 7, 5103–5108.

Ramdhani, M. L., & Anandya, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penerapan E-commerce terhadap Kinerja UMKM. 115–122.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sari, L. T. A., & Fisabilillah, L. W. P. (2021). Pengaruh Pertumbuhan Umkm Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. Independent: Journal of Economics, 1(3), 178–190. https://doi.org/10.26740/independent.v1i3.43584

Sindhuja, P. (2022). Assessment of Digital Marketing Technologies using TOPSIS Method. Interantional Journal of Scientific Research in Engineering and Management, 06(03), 1–5. https://doi.org/10.55041/ijsrem11895

Sopiyan, P. (2022). Pen . garuh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. 13(2), 249–258.

Supandi, A., & Johan, R. S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Pendapatan Pelaku Umkm Di Kecamatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v%25vi%25i.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.