STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS B2B (BUSINESS TO BUSINESS) DI PT TELKOM INDONESIA WITEL KALTIMTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi personal selling yang diterapkan PT Telkom Indonesia Witel Kaltimtara dalam mengembangkan bisnis B2B (Business to Business). Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Telkom Witel Kaltimtara telah menerapkan proses personal selling yang cukup komprehensif, mulai dari identifikasi prospek hingga tindak lanjut setelah penjualan. Account manager berperan sebagai konsultan yang membangun hubungan personal dengan pelanggan dan menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan anggaran dan persaingan yang ketat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., & Soesanto, H. (2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion dan Personal Selling terhadap Keputusan Pengguna Laku Pandai BCA Melalui Ekuitas Merek sebagai Variabel Intervening (Studi di Wilayah Kabupaten Demak). Diponegoro Journal of Management, 10(6).
Adilla, M. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran B2B (Business-to-Business) Dalam Meningkatkan Penjualan Produk DI PT Cloud Hosting Indonesia (IDCloudHost) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Adhika, H. N. (2024). Implementasi Brand Equity Pada Layanan Digital Indibiz Segmen B2B PT Telkom Witel Purwokerto (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Fathurahman, M. H. N., Hanifa, F. H., & Aprillina, R. (2024). Tinjauan Strategi Komunikasi Pemasaran B2b (Business-To-Business) Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Di Pt Amco Multitech Tahun 2024. eProceedings of Applied Science, 10(5).
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media, 3.
Isaak, L. L., & Setiawan, K. (2024). Personal Selling PT. Telkom Caringin Melalui Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatan Penjualan Produk IndiHome. Karimah Tauhid, 3(1), 1265-1285
Ni'mah, I., & Meylianingrum, K. (2022). Strategi personal selling di BMT UGT Nusantara cabang pembantu Mumbulsari Jember. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3009-3021.
Ryo, A., & Sinduwiatmo, K. (2024). Pakar Strategi Komunikasi B2B Anugrah Pratama dalam Membangun Hubungan dengan Pelanggan. Interaction Communication Studies Journal, 1(1), 61-71.
Subakti, A. G. “Pengaruh Menu Knowledge Pramusaji Terhadap Keterampilan Personal Selling Di Restoran Cinnamon, Hotel Mandarin Orinetal Jakarta. .” Jurnal of Indonesian Tourism, Hospitaly and Recreation, 5(1), 2022: 39-52.
Widyana, S. F., & Navisa, C. (2024). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Regional III Bandung Jawa Barat. Pro Mark, 14(1), 9-15.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2473-2478
Refbacks
- There are currently no refbacks.