HEALTHY TEENS MOVEMENT: GERAKAN REMAJA SEHAT BEBAS NARKOTIKA MELALUI EDUKASI DAN AKTIVITAS POSITIF

Wahyuni Arumsari, Dwi Nur Siti Marchamah, Novarizki Galuh Ayudianningsih, Cahya Bidara Sukma

Abstract


Remaja rentan terhadap penyalahgunaan narkotika akibat pengaruh media sosial dan kurangnya edukasi serta aktivitas positif. Program Healthy Teens Movement hadir sebagai upaya promotif dan preventif untuk membangun ketahanan remaja melalui edukasi interaktif dan kegiatan sehat. Inisiatif ini merupakan kontribusi nyata Program Studi Administrasi Kesehatan dalam meningkatkan kesehatan remaja secara berkelanjutan. Program ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Semarang pada Maret 2025 dengan melibatkan 188 siswa kelas VIII dalam sesi edukasi dan aktivitas positif bertema hidup sehat bebas narkotika. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif. Remaja dilibatkan secara aktif melalui edukasi narkotika, life skills, dan aktivitas positif, dengan evaluasi pre test dan post test serta dukungan dari sekolah dan BNN, sebagai upaya membentuk remaja yang sehat dan tangguh. Kegiatan didukung penuh oleh guru dan sekolah, berjalan lancar, serta didokumentasikan sebagai bentuk laporan dan bukti keberhasilan program. Program ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa, serta memperkuat peran guru dan kolaborasi sekolah. Meski ada kendala teknis, kegiatan berjalan lancar dan direkomendasikan untuk dilanjutkan secara berkelanjutan melalui duta remaja sehat dan kerja sama lintas sektor.


Keywords


aktivitas, edukasi, narkoba, remaja, sehat

Full Text:

PDF

References


Agusalim, A., Irwan, I., Akbar, A., Faslia, F., Tarno, T., & Sukmawati, D. (2023). Edukasi Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Remaja. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 423–428. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.494

Arumsari, W., Marchamah, D.N.S., Dilaga, F.J., Putri, R.A. (2023). Strategi Pencegahan dan Pengendalian Faktor Risiko Penyakit Kardiovaskular melalui Peningkatan Pengetahuan dan Pengukuran Kesehatan. Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat , 7(1), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/awpm.v7i1.8970

Badan Narkotika Nasional RI. (2024). HANI 2024: Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar. https://bnn.go.id/hani-2024-masyarakat-bergerak-bersama-melawan-narkoba-mewujudkan-indonesia-bersinar/?utm_source=chatgpt.com

Endah, S. R. N., & Suhardiana, E. (2019). Pemberian Informasi Bahaya Penggunaan Narkoba Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat Melalui Gerakan Keluarga Sadar Obat (GKSO) di Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Edukasi Masyarakat Sehat Sejahtera (EMaSS) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 138–142. https://doi.org/10.37160/emass.v1i2.335

Fardhatun (2022). Fungsi Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan Dalam Yayasan Rehabilitasi Pecandu Napza “Sahabat Foundation". KAIS Kajian Ilmu Sosial, Vol.3(No.2).

Hufron, Gatut Setiadi, Rindra Risdiantoro, & Khoirul Anwar. (2024). Sosialisasi Anti Narkoba di SMA Islam Yakin Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 190–200. https://doi.org/10.51339/khidmatuna.v4i2.1103

Kurniasari, K., Kalumpiu, J. V., Elly Herwana, Erita Istriana, & Kartini. (2022). Edukasi Online Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Bahaya NAPZA Pada Remaja SMA DI Jakarta Barat. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 53–59. https://doi.org/10.53860/losari.v4i2.86

Lubis, M. F. R. (2020). Peran Akademisi dalam Mencegah Peredaran Narkotika di Masyarakat (Sosialisasi Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara). Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 2(3), 658–672. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.138

Mustafa, I. R., Abdillah, M. B., Winata, N. R., Pratama, R., Rosi Isnanda, Putra, T. D. A., & Sulistyo, W. D. (2020). Edukasi Gerakan Siswa Anti Narkoba’’ (Geswana) Era Desrupsi 4.0 di Smp Wahid Hasyim Malang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3214

Nugroho, G. B. S. (2019). Sistem Penentuan Rencana Tindak Lanjut Rehabilitasi Narkotika Menggunakan Metode Random Forest Pada BNN Kota Surabaya. In Jurnal Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nurfadhilah, N., Purnamawati, D., & Robalais, A. N. (2021). Penguatan Peran Remaja dalam Pencegahan dan Pengendalian NAPZA pada Masa Pandemi Covid-19. Community Empowerment, 6(4), 572–578. https://doi.org/10.31603/ce.4566

Nurhadianto, N. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Membentuk Pelajar Anti Narkoba. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23(2). https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1618

Pranawa, S., Yuliani, S., & Humsona, R. (2018). Memanfaatkan Peer Group Untuk Peer Education Strategy Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. SNIEMAS UAD.

Puluhulawa, R. U., & Nggilu, N. M. (2022). Mewujudkan Desa BERSINAR (Bersih dari Narkoba) Melalui Pemberdayaan Masyarakat di Desa Masuru. DAS SEIN: Jurnal Pengabdian Hukum Dan Humaniora, 1(2), 27–37. https://doi.org/10.33756/jds.v2i1.12694

Putri, D. A. A. K. (2020). Upaya Badan Narkotika Nasional Dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Di Kalangan Pelajar (Studi di Badan Narkotika Nasional Kota Batu). In Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rosyita, R., Prihatin, N. S., & Putri, H. W. K. (2021). Hubungan Media Komunikasi Dengan Aktivitas Seksual Berisiko Pada Remaja Laki-Laki Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Lhokseumawe. Indonesian Trust Health Journal, 4(1). https://doi.org/10.37104/ithj.v4i1.74

Simanjuntak, A. Z., & Usiono. (2023). Systematic Literature Riview : Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7 No. 3(2023), 30644–30650. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11960

Utari, O., Kusumawati, A., & Husodo, B. T. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Merokok Siswa SMP USIA 12-14 Tahun Di Kota Semarang. Vol 8, 298–303.

Yuliani, S., Humsona, R., & Pranawa, S. (2019). Pemberdayaan Forum Anak Surakarta Sebagai Peer Educator Untuk Mengatasi Tindak Kekerasan Terhadap Anak. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2). https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28798




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2506-2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.