PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI LITERASI LINTAS DISIPLIN ILMU DI SANGGAR BIMBINGAN BELAJAR AT TANZIL SELANGOR MALAYSIA

Endang Widi Winarni, Abdul Muktadir, Osa Juarsa, Pebrian Tarmizi, Atika Susanti

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional ini dilaksanakan oleh Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu pada 24 Oktober 2024 di Sanggar Bimbingan Belajar At Tanzil, Kayu Ara, Malaysia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar anak-anak imigran Indonesia di Malaysia dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sebanyak 11 siswa kelas 4, 5, dan 6 terlibat dalam kegiatan ini. Pendekatan edukatif berbasis permainan interaktif digunakan dengan memanfaatkan Domino Pancasila yang diperkaya dengan materi literasi dan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Hasil menunjukkan antusiasme tinggi serta peningkatan pemahaman peserta terhadap nilai-nilai Pancasila. Untuk keberlanjutan pembelajaran literasi di Sanggar At-Tanzil, guru dapat memaksimalkan penggunaan permainan edukatif Domino Pancasila. Dengan cara ini, guru tidak hanya memperkuat kognitif siswa dalam mengenal Pancasila, tetapi juga membentuk karakter dan sikap positif secara berkelanjutan.


Keywords


Literasi Lintas Disiplin, Permainan Edukatif, Domino Pancasila

Full Text:

PDF

References


Ariffiando, N. F., & Susanti, A. (2024). Development of the foldable comic’Tabot Bengkulu’media to enhance cultural and civic literacy. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(3), 510–523.

Bonwell, C. C., & Eison, J. A. (1991). Active Learning: Creating Excitement in the Classroom. ASHE-ERIC Higher Education Report No. 1.

Emihovich, B. (2024). Game-Based Learning and Systems Thinking: an Innovative Instructional Approach for the 21st Century. TechTrends, 68(1), 174–185. https://doi.org/10.1007/s11528-023-00915-0

Iswardhana, M. R. (2020). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Merajut Kebinekaan dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. PT kanisius.

Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional: Literasi dalam Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Luke, A., & Freebody, P. (1997). Shaping the Social Practices of Reading. In S. Muspratt, A. Luke, & P. Freebody (Eds.), Constructing Critical Literacies: Teaching and Learning Textual Practice. Hampton Press.

Mangaluk, E., Sepriano, S., & Nasrullah, A. (2025). Buku Referensi Wawasan Pancasila. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nugroho, R. (2019). Penguatan Nasionalisme pada Anak-anak Diaspora Indonesia: Studi di Malaysia. Penerbit Pelita Bangsa.

Piaget, J. (1973). The Child and Reality: Problems of Genetic Psychology. Penguin Books.

Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research. Computers in Human Behavior, 63, 50-58.

Roskos, K., Christie, J., & Richgels, D. (2003). The Essentials of Early Literacy Instruction. Young Children, 58(2), 52–60.

Supriyanto, A. (2016). Pendidikan Anak Migran: Tantangan dan Peluang dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Penerbit Cerdas.

Suryana, D. (2018). Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Karakter Anak. Penerbit Nuansa.

Susanti, A., & Ariffiando, N. F. (2024). Pendidikan Nilai dan Moral. Hei Publishing.

Susanti, A., & Muktadir, A. (2024). Enhancing Literacy and Numeracy: Developing Snakes and Ladders Oriented Toward Higher Order Thinking Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(5), 1019–1032. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.5948

UNESCO. (2006). Education for All Global Monitoring Report: Literacy for Life. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

UNESCO. (2015). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: Development of higher psychological processes. Harvard university press.

Yanti, S. (2018). Pendidikan Anak Migran Indonesia di Malaysia: Studi Kasus di Selangor. Penerbit Mandala.

Yee, K. K., & Huey Shyh, T. (2024). Problem-Based Learning: Media and Information Literacy Project to Combat Misinformation for Future Communicators. Journalism & Mass Communication Educator, 79(3), 340–364. https://doi.org/10.1177/10776958241256404




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.2162-2170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.