IMPLEMENTASI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) MELALUI INOVASI OLAHAN IKAN CAKALANG (KATSUWONUS PELAMIS) MENJADI PRODUK FROZEN FOOD

Yosephina M.J. Batafor, Maria Magdalena N.M Tukan, Bernadete Deta

Abstract


Ikan cakalang (Katsuinus pelamis) merupakan salah satu jenis ikan pelagis besar yang yang masuk dalam kelompok komoditas unggulan perikanan tangkap yang sangat melimpah di seluruh wilayah Indonesia. Komoditas perikanan dipasarkan menjadi produk-produk yang bervariasai sebagai produk hidup, segar, beku, produk kaleng, ikan asap, ikan fermentasi, produk masak, surimi, serta dipasarkan sebagai produk olahan beku (frozen food). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini merupakan PKM kolaborasi antra program studi Teknologi Hasil Perikanan dan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka. Kegiatan ini duharapakan dapat meningkatkan pemahaman Masyarakat terhadap pemanfaatan ikan serta teknik kemasan yang baik serta tektik pemasaran yang dapat menguntungkan Masyarakat. Pembuatan frozen food berbahan ikan antara lain bakoso ikan, nugget ikan dan sosis ikan dilaksanakan di ruang pengolahan hasil perikanan Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka. Setelah proses pengolahan dan pengemasan, selanjutnya dilakukan proses promosi dan pemasaran produk nugget ikan, sosis ikan dan bakso ikan.  Strategi promosi dan pemasaran dilakukan secara langsung (Direct selling) dan melalui media sosial (indirect   selling). Kesimpulan dari kegiatan ini adalah keterampilan pembuatan produk frozen food dari daging ikan, pengemasan serta teknik pemasaran yang baik.


Keywords


Direct Selling, Frozen Food, Ikan Cakalang, Indirect Selling

Full Text:

PDF

References


Diah, A., & Supriono, K. (2017). Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Survei Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).

Hapsari, P. A. K., Made Sugitha, I., & Suparthana, P. (2022). Komang Ayu Puspa Hapsari dkk. /Itepa, 11(1), 2022–2123.

Hayati, R. (2022). Strategi Pemasaran Makanan Beku (Frozen Food) Berbahan Dasar Daging Ayam Pada Cv. Indomitra Cipta Pangan, Kota Tangerang.

Jaya, I., Dewi, D., & Ramadhan, K. (2006). Aplikasi Metode Akustik Untuk Uji Kesegaran Ikan. In Tahun (Issue 2).

Mahary Azizah dan Dwi Apriliani. (2023). Peluang Inovasi Produk Perikanan i PELUANG INOVASI PRODUK PERIKANAN. https://www.researchgate.net/publication/373658004

Nurtjahjani, F., Dwi Pribadi, J., Dhakirah, S., Batubulan, K. S., & Firdausi, A. T. (2023). Pembuatan Strategi Promosi Melalui Direct Selling Dan Marketing Creative Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anyaman Bambu. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20–28. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2043

Patil AR., Narendra C., A.U. Pagarkar, J.M. Koli, B.P. Bhosale, S. T. Sharangdhar, B. V. Gaikwad and G. N. Kulkarni. (2020). Vacuum Packaging Is A Tool For Shelf Life Extension Of Fish Product : A Review. Article in Journal of Experimental Zoology, 23, 807–810. https://www.researchgate.net/publication/339842514

Prasetyo, A. D., & Nadliroh, K. (2022). Meat Grinding Machine Design on Meatball Printing Machine Capacity 2kg.

Tsany, F., Hutajulu, I. R., Irfany, M. I., Maulidiya, S. E., Sari, Y., & Isbayu, M. (2024). Pendampingan Penerapan Strategi Direct dan Indirect Marketing serta Uji Nilai Gizi pada Produk UMKM Wangirasa. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 6(1), 40–52. https://doi.org/10.29244/jpim.6.1.40-52

Widawaty AWahab, Z., Meilvinasvita, D., & Sa, H. (2021). Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe Pemanfaatan Ikan Sebagai Produk Olahan Frozen Food Bagi Income Generation Masyarakat Desa Kuala Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2238-2243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.