PENDAMPINGAN KELUARGA RENTAN ANAK PUTUS SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN EDUKATIF DAN EKONOMI DI DESA KOTO RAYO KECAMATAN TABIR KABUPATEN MERANGIN
Abstract
Penelitian ini membahas pendampingan bagi keluarga rentan yang memiliki anak putus sekolah di desa Koto Rayo Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin melalui pendekatan edukatif dan ekonomi. Masalah pendidikan anak di daerah pedesaan sering kali dipengaruhi oleh faktor ekonomi, kurangnya akses informasi, dan dukungan sosial yang minim. Dengan menerapkan pendekatan edukatif, program pendampingan dirancang untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya pendidikan, cara mendorong anak untuk kembali bersekolah, serta strategi pembelajaran di rumah. Sementara itu, pendekatan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pelatihan keterampilan dan pemberian modal usaha kecil. Melalui kombinasi kedua pendekatan ini, diharapkan dapat mengurangi angka putus sekolah dan meningkatkan kualitas hidup keluarga. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan adanya perubahan positif dalam motivasi orang tua untuk mendukung pendidikan anak, serta peningkatan keterampilan ekonomi yang berkontribusi pada keberlanjutan pendidikan anak. Penelitian ini merekomendasikan model pendampingan serupa di daerah lain untuk menangani isu pendidikan dan ekonomi di kalangan keluarga rentan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i7.2926-2933
Refbacks
- There are currently no refbacks.