PENGEMBANGAN STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM KEMPLANG IKAN SEPAT DI DESA SUNGAI LEBUNG KECAMATAN PEMULUTAN SELATAN KABUPATEN OI

Aulia Mutiara Dwi Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan UMKM, khususnya dalam produksi kerupuk dan kemplang. Kegiatan ini melibatkan pelatihan kepada pelaku UMKM tentang peningkatan kualitas produk melalui pengolahan bahan baku yang efisien, pengemasan yang menarik, serta pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran. Hasilnya, pelaku UMKM mengalami peningkatan pengetahuan dan keterampilan, dengan sebagian besar berhasil mengidentifikasi kelemahan dalam proses produksi dan meningkatkan daya tarik produk. Promosi melalui media sosial dan platform e-commerce juga berhasil memperluas pasar produk UMKM. Meskipun tantangan terkait keterbatasan modal dan teknologi masih ada, program ini menunjukkan peningkatan penjualan dan kepercayaan diri pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka. Program ini juga membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut dengan lembaga keuangan mikro untuk mendukung pengembangan usaha di desa.


Keywords


UMKM, Pengembangan Produk, Kerupuk Kemplang

Full Text:

PDF

References


Agustin Purba, S., Dary DN, W. U., Hidayah, N., & Siahaan, A. (2023). Peranan Mahasiswa KKN 17 UINSU dalam Meningkatkan Mutu Desa Kelumpang Kampung, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Berbasis Agama, Pendidikan, Ekonomi, Teknologi, dan Kesehatan. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1291–1300. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.5234

Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., & ... (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Kemplang Ubi di Desa Talang Nangka, Kab. Muara Enim, Kec. Lembak. Community: Jurnal …, 2(1), 83–91. http://journal.stiestekom.ac.id/index.php/Community/article/view/175

Harahap, F. R., & Wijayanti, N. (2022). Memberdayakan Perermpuan Melalui Gerakan Womenpreneur Di Industri Kemplang Pengolahan Ikan Di Desa Balunijuk Kabupaten Bangka. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 371–378. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1835

Helmita, H., Misnawati, D., & Kusmindari, C. D. (2023). Pengembangan Usaha UMKM Kemplang Panggang UMMI Melalui Implementasi Komunikasi Pemasaran. Indonesian Journal for Social Responsibility, 5(1), 51–63. https://doi.org/10.36782/ijsr.v5i01.189

Kurniawan, D., Sangapan, L. H., & Suraji, R. (2024). Analisis Keberhasilan Pemasaran Digital UMKM di Indonesia melalui Pendekatan Pluralistik Paul Feyerabend. 1(2), 77–89.

Lestari, R., & Hertati, L. (2020). Bagaimana Pengaruh Strategi Bisnis, Kekuatan Produk Terhadap Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia. Kajian Akuntansi, 21(1), 01–16. https://doi.org/10.29313/ka.v21i1.5675

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Nofiawaty, N., Daud, I., & Dameria S., L. (2021). Penguatan Ekonomi Digital Melalui Pengembangan “Digital Entrepreneurship” Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kerinjing Ogan Ilir Sumatera Selatan. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 627. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6156

Nataliawati, R., Musyarofah, S., Handayani, L., & Wulandari, R. S. (2024). Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing Bagi. Communnity Development Journal, 5(1), 1140–1145.

Pridayani, A., Manajemen, P. S., Indo, U., & Mandiri, G. (2025). Pemberdayaan SDM dalam Peningkatan Kualitas Produksi dan Pemasaran “ Kemplang Panggang ” Kec . Pemulutan. 9(2), 410–416.

Putra, C. A., Pasmawati, Y., Kusmindari, C. D., & Irwansyah, I. (2024). Peran Digitalisasi Marketing dan Manajemen Produksi Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kemplang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 72–78. https://doi.org/10.59395/altifani.v4i1.520




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2181-2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.