MEMBANGUN KEBIASAAN BERBAHASA INGGRIS: PENDAMPINGAN GURU RAUDHATUL ATHFAL KAB.MANDAILING NATAL DENGAN APLIKASI HELLO ENGLISH
Abstract
Di era pendidikan yang terus berkembang, kemampuan berbahasa Inggris menjadi keterampilan esensial, termasuk bagi para guru di Raudhatul Athfal (RA). Untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam mengajar, sebuah pendampingan inovatif diterapkan melalui konsep Habit English dengan memanfaatkan aplikasi Hello English. Pendekatan ini dirancang agar para guru di Mandailing Natal dapat belajar bahasa Inggris secara bertahap dan berkelanjutan, sehingga keterampilan mereka berkembang secara lebih natural dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaan program ini, metode Participatory Action Research (PAR) digunakan sebagai strategi utama. Metode ini tidak hanya melibatkan guru sebagai peserta, tetapi juga mengajak mereka secara aktif dalam proses pembelajaran, latihan, serta refleksi terhadap kemajuan mereka. Dengan keterlibatan langsung ini, para guru tidak sekadar menerima materi, tetapi juga mengalami sendiri bagaimana membangun kebiasaan dalam berbahasa Inggris secara efektif. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan dampak yang signifikan. Penerapan aplikasi Hello English dengan konsep Habit English membantu para guru membangun kebiasaan belajar yang lebih terstruktur, meningkatkan keterampilan berbicara, serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas. Dengan demikian, program ini tidak hanya memberikan manfaat dalam peningkatan keterampilan individu, tetapi juga berkontribusi pada kualitas pembelajaran di RA secara keseluruhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Khafsoh, N. A., & Riani, N. (2024). Implementation of Participatory Action Research (PAR) In Community Service Program. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 237–253. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.2034
Setyawan, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Mobile dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru RA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 45–60.
Suhartono, S. (2021). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(2), 120–135.
Yinger, R. J. (1987). Learning the Language of Practice. Curriculum Inquiry, 17(3), 293–318. https://doi.org/10.1080/03626784.1987.11075294
Khafsoh, N. A., & Riani, N. (2024). Implementation of Participatory Action Research (PAR) In Community Service Program. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 237–253. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i1.2034
Setyawan, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Mobile dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru RA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 45–60.
Suhartono, S. (2021). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(2), 120–135.
Yinger, R. J. (1987). Learning the Language of Practice. Curriculum Inquiry, 17(3), 293–318. https://doi.org/10.1080/03626784.1987.11075294
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.2153-2161
Refbacks
- There are currently no refbacks.