PENGUATAN DAYA SAING UMKM KONVEKSI MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN DIGITAL UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN
Abstract
Kegiatan pengabdian di UMKM Bosindo bertujuan untuk memberikan penguatan daya saing dalam rangka menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Kegiatan pengabdian fokus pada program peningkatan kualitas produk dan kualitas layanan digital. Peningkatan kualitas produk menitik beratkan pada pengelolaan gudang dan kontrol terhadap kualitas produk atau Quality Control (QC). Sementara optimalisasi kualitas layanan dilakukan dengan inovasi pembuatan konten produk berbasis digital. Metode kegiatan pengabdian dilakukan dengan praktik dan pendampingan secara langsung selama satu bulan penuh oleh tim kepada mitra. Tahapan kegiatan pengabdian meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evalusi kegiatan. Tahap pelaksanaan persiapan dilakukan penyusunan rencana kegiatan, identifikasi kebutuhan sarana prasarana, dan kesepakatan waktu pelaskanaan. Tahap pelaksanaan dilakukan praktik dan pendampingan secara langsung dalam penyusunan Standard Opearting Prosedur (SOP). Dua SOP yang disusun terdiri dari SOP manajemen gudang dan SOP QC. Selama ini mitra belum memiliki SOP dalam manajemen gudang dan QC sehingga masih sering terjadi tumpang tindih alur pengelolaan. Setelah kegiatan pengabdian mitra memiliki dokumen SOP yang dapat digunakan sebagai panduan sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Sementara pembuatan konten dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran secara digital yang mengalami pertumbuhan pesat. Pembuatan konten dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta digital talent dari mitra. Beberapa capaian indikator tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian memiliki manfaat yang positif bagi mitra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiara, W., & Hawa E, N. (2021). Pengaruh Quality Control Dan Customer Service Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Wonderwash Laundry. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 15, 1–8.
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Lahat, D. I. K. (2025). Optimalisasi Penjualan Ikan Salai Berbasis Digital Marketing Pada Umkm Keluarga Maju Bersama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MARTABE, 8(2), 888–895.
Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi Pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56–65.
Ms, M., Nurjannah, I., Rohaeni, D., Purba, I. E., F, M. Z. A., & Nurazmi, N. (2024). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Bisnis UMKM Mandala Wahyu Coffee Shop 2 Universitas Lampung. 8(1), 211–220.
Norhermaya, Y. A., & Soesanto, H. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang (Studi Pada Online Store Lazada.Co.Id). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13.
Nurrohman, R., Syah, M., & Alfathir, A. (2025). Optimalisasi Desain SOP untuk Meningkatkan Integrasi Keterampilan Digital PT XYZ Samarinda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Martabe, 8(2), 511–526.
Purwaningsih, E., . M., & . S. (2019). Peningkatan Kualitas Produk Umkm Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru Dalam Upaya Komersialisasi Produk Berdaya Saing Dan Berbasis Informasi Teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–57. https://doi.org/10.26905/abdimas.v4i1.3239
Rahmat et al. (2019). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Distro Antipop Clothes Tanjung. Jurnal Administrasi Publik & Administrasi Bisnis, 2(1), 221–233.
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534
Rizal, S., Yusuf, M., Idrus, M. I., Nur, A., Ua, A., Khaerunnisa, F., & Rasulong, I. (2025). Memanfaatkan Digital Marketing untuk Memperluas Akses Pasar dan meningkatkan Kemandirian Ekonomi Petani Tambak di Desa Bontomate’Ne. 8, 611–623.
Sa’adah, H., & Mahsun, M. (2024). Peningkatan Kualitas UMKM Melalui Pendampingan Produk Sertifikasi Halal di Desa Wonosari Bondowoso. Society: Community Engagement …, 5(1), 842–850. https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/society/article/view/468%0Ahttps://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/society/article/download/468/162
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan Kualitas Produk Dan Layanan Umkm Untuk Meningkatkan Daya Saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3782. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.2028-2041
Refbacks
- There are currently no refbacks.